2 Aturan Simpel Membuat Karyawan Betah Bekerja

Foto: gettyimages.com

Foto: gettyimages.com

Setiap pemilik bisnis menghendaki agar tim bisnisnya adalah sebuah tim yang memiliki dedikasi tinggi. Namun sayangnya, banyak entrepreneur dan pemilik bisnis yang gagal melaksanakan tugasnya untuk mewujudkan atmosfer kerja yang nyaman bagi bawahan atau pegawainya.

Apa saja yang bisa kita lakukan sebagai entrepreneur untuk membuat mereka yang bekerja pada kita lebih betah dan dengan sukarela menunjukkan loyalitasnya pada bisnis yang kita rintis? Ini rahasia membuat karyawan Anda yang berharga akan menjadi setia dan betah bekerja, sebagaimana dinyatakan oleh pakar manajemen Deborah Mills-Scofield.

Jangan egois

Sebelum Anda membahas kepentingan Anda sebagai pemilik bisnis atau pemegang saham utama misalnya, Anda perlu menunjukkan itikad baik untuk memikirkan pula kepentingan mereka. Intinya harus ada win-win solution bagi kedua belah pihak. Perlakukan mereka ini dengan adil dan manusiawi dan lakukan hal-hal yang sepantasnya mereka dapatkan karena telah menjadi bagian dari perusahaan. Mudah bagi kita sebagai pemilik bisnis atau atasan untuk memikirkan kepentingan diri sendiri dan mengabaikan kepentingan mereka di bawah kita, tetapi jangan lupa di tangan pegawailah perusahaan ini dijalankan sehari-harinya. Tanpa mereka, instruksi dan rencana serta strategi kita tak ada gunanya. Entrepreneur butuh pelaksana lapangan. Berikan pegawai kesempatan untuk meraih potensinya yang tertinggi dan jangan ragu berikan dukungan jika mereka gagal. Jika perlu, Anda harus mendukung perkembangan karyawan yang memang menonjol dan cemerlang. Ini akan membangun kesetiaan dalam jangka panjang pada perusahaan.

Berikan otonomi

Kebebasan bisa secara drastis meningkatkan kebahagiaan seorang pegawai dalam bekerja. Pastikan passion mereka sesuai dengan arah perusahaan bergerak, dan berikan mereka batasan tingkat tinggi , sumber daya yang berupa fasilitas yang memang diperlukan dalam bekerja untuk meraih hasil maksimal, dan sekilas cara untuk mewujudkannya. Kemudian hadapi kendala dengan kesatria dan bantulah mereka menghadapi dan menaklukkan kendala itu. Yang paling penting ialah selalu berikan pujian atau apresiasi dalam berbagai bentuk saat mereka mencapai keberhasilan. (*AP)

Sumber: http://www.ciputraentrepreneurship.com/

Leave a Reply