3 Kegunaan Jejaring Sosial Untuk Human Resources

3 Kegunaan Media Sosial Untuk human ResourcesSaat ini, pengguna jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Google+ dan media sosial lainnya mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Hampir setiap pengguna internet pasti memiliki akun di media sosial di atas. Hal tersebut juga berimbas pada dunia Human Resources atau Sumber Daya Manusia. Bahkan beberapa perusahaan besar sudah menggunakan jejaring sosial untuk membantu aktifitas mereka sebagai praktisi di dunia tersebut.

Apa saja yang bisa dilakukan para praktisi SDM melalui jejaring sosial ini?

1. Proses rekrutmen

Walaupun belum jamak dilakukan di Indonesia, di beberapa negara tertentu proses rekrutmen sudah mulai menggunakannya. LinkedIn, Twitter, Facebook dan blog adalah beberapa media sosial yang kerap dijadikan referensi dan alat dalam melakukan screening untuk mendapatkan calon karyawan terbaik.

2. Monitoring karyawan

Saat ini, banyak orang menggunakan Twitter dan Facebook sebagai media untuk berkeluh kesah tentang pekerjaannya. Gaji, atasan, rekan kerja atau suasana kantor merupakan tema-tema yang sering muncul di timeline atau status mereka.

Sebagai seorang praktisi SDM, jejaring sosial sangat bermanfaat untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja, produktifitas kerja secara umum hingga mengetahui siapa saja karyawan yang ‘bandel’.

3. Quick Survey

Dengan menggunakan jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter, anda tidak lagi kesulitan dalam menyebarkan survey kepada karyawan anda. Sehingga anda bisa dengan mudah mengumpulkan data yang kemudian diolah sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Demikian tiga hal yang bisa dimanfaatkan dari jejaring sosial. Karena, daripada perusahaan melarang karyawannya untuk Facebook-an atau Twitter-an, lebih baik perusahaan mendorong mereka untuk memiliki akun jejaring sosial dan melakukan edukasi, yang kemudian digunakan untuk kepentingan perusahaan.

Sumber: http://lifehacks.web.id

 

Leave a Reply