3 Kiat Hadapi Permintaan Kenaikan Gaji

170645867

Foto: Gettyimages.com

Sebagai seorang pemilik bisnis, mungkin akan sangat memusingkan saat seorang pegawai meminta kenaikan gaji terutama jika tidak ada kebijakan perusahaan. Namun, menghadapi pertanyaan kompensasi yang dilematis seperti itu tidak perlu dianggap sebagai suatu momok besar.

Cobalah melakukan 3 saran berikut:
1. Mintalah waktu. Ucapkan terima kasih pada karyawan yang membahas isu itu dan membicarakannya dengan Anda dan berikan janji untuk segera menghubunginya begitu Anda sudah mendapatkan solusi yang baik bagi semua pihak dalam jangka waktu tertentu. Ini memungkinkan Anda untuk mengkoordinasikan langkah yang tepat dengan jajaran staf lain yang terkait dengan isu gaji karena Anda tidak bisa memutuskan begitu saja.

2. Nilailah dengan adil situasi yang ada. Jumlah uang yang dibayarkan sebagai gaji pada seseorang ialah sebuah fungsi dari dua hal: nilai pekerjaan itu sendiri dan kualitas kinerja sang karyawan. Evaluasilah kedua poin itu.

3. Kembali hubungi sang karyawan
Selama pembicaraan yang kedua, mintalah sang karyawan untuk menjelaskan bagaimana ia bisa meningkatkan kinerjanya dan bagaimana ia bisa membuat pekerjaannya lebih berharga bagi kemajuan perusahaan. Lakukan pembuatan keputusan akhir dengan menggunakan masukan itu dan gabungkan dengan penilaian Anda sebelumnya terhadap nilai pekerjaan itu sendiri dan kualitas kinerja sang karyawan. (hbr/ap)

Sumber: http://www.ciputraentrepreneurship.com

Leave a Reply