3 Tips Menciptakan Lingkungan Kerja yang Fun

WESTF13900

foto: gettyimages.com

Kondisi perekonomian yang semakin sulit tentunya berpotensi mengakibatkan tekanan bahkan stress bagi individual yang kondisi finansialnya terkena pengaruh buruk. Oleh karena itu, semakin penting bagi bisnis dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi karyawannya, sehingga produktivitas maupun moral bisa tetap dipertahankan.

Tekanan finansial bagi individual dapat mengakibatkan stress, sehingga bisa berdampak buruk pula bagi perusahaan. Individu yang stress bisa mengalami penurunan produktivitas serta kehilangan semangat kerja, sehingga kinerjanya yang buruk pada akhirnya juga berdampak pada kinerja perusahaan.

Salah satu cara dalam mengatasinya adalah dengan menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, sehingga karyawan tetap bisa bekerja dengan baik, atau setidaknya mengalihkan perhatiannya dari masalah finansial yang dihadapinya. Berikut ini adalah beberapa tips:

Pertama, bangun komunikasi yang baik antara orang-orang yang berada dalam lingkungan kerja Anda. Caranya? Misalnya dengan menyelenggarakan team building, office gathering ataupun acara informal lainnya yang bisa merekatkan hubungan antar karyawan. Sehingga, rekan kerja bukan hanya rekan kerja semata, melainkan teman/sahabat untuk saling berbagi satu sama lain. Dengan adanya interaksi yang baik di lingkungan kerja, tentunya hal tersebut bisa mengangkat produktivitas/moral dari individu.

Kedua, ciptakan lingkungan kerja yang bersifat ‘fun’ misalnya membebaskan karyawan untuk mendekorasi lingkungan kerjanya sesuai keinginan mereka, hingga sekali-kali mengadakan rapat di luar kantor. Yahoo, Google dan banyak perusahaan lainnya pandai dalam menciptakan lingkungan kerja sekaligus lingkungan yang fun, dimana orang bisa bekerja, namun bebas juga bermain.

Ketiga, adopsi results-only-work-environment (ROWE), yakni lingkungan kerja yang berorientasi pada hasil, dimana karyawan bebas untuk melakukan apapun yang mereka inginkan, asal tanggung jawab pekerjaan mereka selesai dengan baik. Sehingga bukan tidak mungkin ada saatnya ketika jam kerja karyawan lebih memilih untuk jalan-jalan ke luar kantor dibandingkan dengan bekerja. Hal ini memungkinkan karyawan untuk melepas stress yang dirasakannya dan refreshing, sehingga nantinya mereka bisa melanjutkan pekerjaan dengan lebih segar dan produktif. Tentu saja hal ini lebih baik daripada stress dipendam, kemudian terpaksa melakukan pekerjaannya bukan? Karena tentu hasilnya tidak akan optimal.

Demikian adalah tiga tips singkat mengenai bagaimana Anda bisa menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan. Komunikasi berjalan lancar, setiap orang berbahagia, dan semuanya bisa bekerja dengan penuh semangat!

(ic/ic/bl)

Sumber: Businesslounge.co

Leave a Reply