3 Tips Mengantisipasi Karyawan Absen Gara-gara Banjir

108273079

Foto: gettyimages.com

Musim banjir seperti saat ini biasanya membuat banyak karyawan mangkir atau terlambat kerja akibat terjebak banjir atau hujan deras. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi penurunan produktivitas karyawan selama musim hujan:

1.    Memberikan fleksibilitas jam kerja bagi karyawan

Suka tidak suka, tidak dapat dipungkiri curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan meningkatnya kemacetan dan masalah transportasi lain yang berakibat pada keterlambatan karyawan. Pada saat-saat rawan banjir, perusahaan mungkin dapat mempertimbangkan untuk memberikan fleksibilitas jam kerja bagi karyawan. Misalnya, karyawan diperbolehkan datang atau pulang lebih awal atau lebih akhir dibandingkan jadwal biasanya, asalkan pekerjaan dan tenggat waktu pekerjaannya tetap terpenuhi.

2.    Bekerja di rumah

Perkembangan teknologi seperti Internet dan telepon cerdas (smartphone) memungkinkan banyak pekerjaan seperti membalas e-mail, membuat dokumen dan menelepon klien dapat dilakukan di luar lokasi kantor. Opsi ini dapat dipertimbangkan dalam situasi rawan banjir sehingga operasional perusahaan tetap dapat berjalan meskipun kantor atau karyawan Anda dilanda banjir.

Berikut ini beberapa perangkat yang dapat Anda gunakan untuk mengkoordinasi pekerjaan secara jarak jauh:

  • Perangkat chatting seperti Yahoo Messenger, Gchat, WhatsApp, Blackberry Messenger dsb.
  • Skype akan memudahkan Anda untuk bertemu muka secara virtual maupun menelepon dengan biaya amat murah (atau bahkan gratis)
  • Alat sharing file seperti Dropbox dan Gdoc

 3.    Layanan antar jemput kantor atau carpooling

Jika banyak karyawan Anda tinggal di wilayah tertentu, ada baiknya pihak kantor mengorganisasi layanan antar jemput kantor atau memotivasi karyawan untuk berbagi kendaraan dengan rekan yang tinggal berdekatan (carpooling). Hal ini dapat mengurangi risiko karyawan absen gara-gara kesulitan mendapatkan kendaraan umum.

Saat ini pun sudah ada jasa informasi berbagi kendaraan seperti Nebengers yang dapat digunakan oleh para karyawan Anda yang tertarik untuk sharing kendaraan.

Semoga Anda tetap produktif di musim hujan ini!

 

Leave a Reply