4 Cara Memotivasi Karyawan Untuk Lebih Kreatif

143175852Perusahaan mana yang tidak ingin memiliki karyawan yang penuh dengan ide dan solusi baru? Kita semua pasti menginginkan tingkat kreativitas yang tinggi di lingkungan kerja. Sayangnya, tidak semua orang sadar bahwa perusahaan mereka ikut andil dalam mencegah munculnya benih-benih kreativitas ini.

Agar lebih banyak orang dalam perusahaan menjadi lebih kreatif dan bersemangat hasilkan inovasi, cobalah memotivasi mereka dengan 4 cara berikut ini:

1. Berikan masukan atas ide baru: Menghasilkan ide dan solusi baru selalu membutuhkan tenaga, pikiran dan waktu. Karenanya pasyikan bahwa jerih payah karyawan Anda hargai. Berikan masukan positif dan saran yang membangun.

2. Kenali dan berikan imbalan atas kolaborasi: Kreativitas mengharuskan adanya proses kerjasama. Biasanya ada pencetus ide dan yang lain sepakat kemudian mereka bahu membahu mewujudkannya. Anda bisa memberikan pengakuan untuk ide terbaik dari kelompok-kelompok kerja . Ini akan meningkatkan semangat untuk berkolaborasi.

3. Gunakan konteks: Sebelumnya satukan pemikiran dan mindset antara Anda sebagai entrepreneur dan para pegawai Anda. Ini agar kelak ide-ide mereka tidak keluar dari harapan Anda. Sampaikan ekspektasi dengan jelas dan berikan kesempatan untuk berkreasi. Anda perlu berikan sudut pandang yang mudah dipahami pegawai.

4. ‘Rayakan’ kegagalan yang tidak sia-sia: Tidak ada ide kreatif yang kebal terhadap kegagalan. Untuk mendorong kreativitas, berikan imbalan bahkan saat mereka gagal setelah berupaya maksimal. (*AP)

Sumber: http://www.ciputraentrepreneurship.com

Leave a Reply