4 Masalah THR yang Biasa Memusingkan HRD

4 Masalah THR

Foto: Gettyimages.com

THR atau Tunjangan Hari Raya adalah bonus yang biasa dinanti-nantikan oleh para pekerja. Namun, pembagian THR menjadi tugas tambahan yang harus diselesaikan oleh bagian HR dan personalia sebelum libur lebaran tiba. Terkadang di saat menyelesaikan urusan THR karyawan, banyak kendala yang tiba-tiba datang menghampiri. Apa saja di antaranya?

1.      Karyawan yang Alfa Selama 5 Hari Lebih

Menjelang THR akan diberikan, ada karyawan yang tidak hadir tanpa keterangan selama beberapa hari bahkan hingga lebih dari 5 hari. Situasi ini membuat pekerjaan personalia menjadi berlipat. Masalah seperti ini sebaiknya dibicarakan dengan atasan yang memiliki wewenang, dan ambil keputusan sebelum libur tiba.

2.      Karyawan yang Habis Kontrak

Tak jarang karyawan kontrak dalam Perusahaan mendapati masa kontraknya habis tepat menjelang THR akan diberikan atau menjelang libur. Masalah ini terkadang membuat bingung dalam membuat keputusan. Solusi untuk masalah tersebut ialah dengan berpedoman pada peraturan pemerintah tentang THR dan diskusikan dengan pihak yang terkait.

3.      Karyawan yang Mengundurkan Diri

Terkadang ada karyawan yang tiba-tiba mengajukan surat pengunduran diri yang hari terkahir kerjanya menjelang pembagian THR. Kasus ini banyak menimbulkan banyak asumsi dan perbedaan pendapat. Solusi untuk masalah ini sama dengan tipe kedua yakni berpedoman pada peraturan pemerintah tentang kebijakan untuk THR karyawan.

4.      Perusahaan Baru

Bagi pengusaha yang baru saja membuat sebuah perusahaan, terkadang sulit untuk menentukan keputusan mengenai masalah THR dikarenakan perusahaan belum mendapatkan laba / balik modal. Namun, hak normatif karyawan ini tetap wajib diberikan sesuai peraturan yang berlaku.

Terkadang persoalan THR memang membingungkan. Sebaiknya, diskusikan bersama pihak-pihak terkait untuk menentukan sebuah keputusan yang sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dari keempat masalah THR di atas, mana yang Anda pernah alami?

 

Leave a Reply