5 Tips Komunikasi Karyawan

dv1492011Dalam dunia usaha, tidak ada yang lebih penting daripada komunikasi karyawan. Jika pekerja tidak dapat berbicara dengan yang lainnya, tidak ada kemungkinan suatu proyek jangka panjang akan selesai. Sebagai seorang manajer HRD, adalah tanggung jawab Anda untuk memfasilitasi komunikasi yang baik, dan ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk memastikan produktivitas karyawan yang optimal.

1) Menganalisis metode komunikasi saat ini – Setiap perusahaan memiliki rapat, telekonferensi dan aktivitas-aktivitas yang membutuhkan komunikasi yang ditunjuk. Jika media komunikasi seperti computer dan ponsel tidak mendukung komunikasi yang baik, mungkin sudah saatnya untuk meng-upgrade ke teknologi yang lebih baru.

2) Memfasilitasi diskusi kelompok kecil – Untuk menangkap pemikiran dari setiap karyawan penting untuk membentuk tim kecil yang akan berbicara satu dengan yang lain. Jumlah kelompok kecil ini tidak boleh lebih dari lima orang.

3) Mungkinkan pendapat pribadi dinyatakan secara terbuka – Ingat, kantor Anda bukanlah tempat di mana orang harus bertanya sebelum bebas berbicara. Dorong karyawan untuk saling berbagi pikiran seperti melalui kotak komentar dll.

4) Libatkan kepentingan pribadi dalam urusan kepegawaian – Sebagai seorang manajer, Anda harus memegang kepercayaan dari bawahan Anda. Karyawan Anda harus merasa bebas datang kepada Anda dan meminta saran profesional dan pribadi. Anda juga perlu mengambil inisiatif dan secara berkala menanyakan kabar mereka dari waktu ke waktu.

5) Membuatnya menyenangkan – Departemen yang memiliki komunikasi antar personalia terbaik harus dihargai dengan perusahaan. Hadiah akan sangat dihargai dan dapat memberikan motivasi ekstra bila diperlukan.

Diterjemahkan dari artikel pada http://www.hrresource.com

Leave a Reply