5 Tips Untuk Menjalani Wawancara Kerja Online Dengan Sukses

Foto: Gettyimages.com

Foto: Gettyimages.com

Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, semakin banyak perusahaan besar yang memutuskan untuk melakukan wawancara kerja secara online dengan para calon karyawannya. Selain lebih menghemat waktu dan biaya, cara ini juga dianggap lebih efektif guna menilai kepribadian si calon karyawan. Berikut ada 5 tips untuk menyukseskan wawancara kerja online, seperti yang dilansir dari All Women Stalk.

1. Pastikan semua alat elektronik berfungsi dengan baik
Saat sedang menjalani proses wawancara kerja online, biasanya Anda harus mempromosikan diri Anda lewat presentasi di komputer yang Anda pakai. Jadi, pastikan speaker, mouse, dan yang paling penting, laptop atau komputer Anda berfungsi dengan baik. Anda harus menghindari kesan tidak profesional karena tidak menyiapkan peralatan presentasi dengan seksama.

2. Cek suasana ruangan tempat Anda online
Anda boleh memilih tempat mana saja sebagai background wawancara kerja online nanti. Pastikan saja ruangan tersebut memiliki pemandangan yang bagus dan rapi, serta tidak terlalu gaduh agar tidak mengalihkan perhatian pewawancara dari Anda.

3. Cek posisi kamera
Pastikan letak kamera komputer atau laptop Anda tidak terlalu tinggi namun juga tidak terlalu rendah. Usahakan tubuh kelihatan dalam posisi yang sama ketika Anda sedang melakukan pas foto. Dengan begini, pewawancara akan bisa melihat Anda dan lingkungan di sekitar Anda dengan maksimal.

4. Jangan terus-menerus memandangi gambar Anda sendiri
Saat melakukan online interview, Anda harus fokus kepada pewawancara Anda, bukannya ke gambar diri Anda sendiri yang ada di pojok layar komputer atau laptop. Selain akan membuat kesan diri menjadi narsis, ini juga akan membuat Anda jadi tidak konsentrasi dalam menjawab pertanyaan dan menjalankan presentasi.

5. Pakai baju yang resmi
Anda perlu menghindari memakai baju yang terlalu casual saat menjalani proses online interview. Ini bisa membuat Anda tampak tak profesional dan meremehkan pewawancaranya. Pakailah pakaian formal, yang biasanya Anda pakai untuk menghadiri wawancara kerja di kantor. Pastikan warnanya juga netral seperti, hitam, biru tua, ataupun abu-abu.

Sumber: http://www.merdeka.com/

Leave a Reply