7 Ciri “Karyawan Bermasalah” yang Patut Diwaspadai

78631103Di manapun berada, termasuk di tempat bekerja, memang selalu ada orang-orang yang harus diwaspadai. Praktisi bisnis dan EQ Trainer, Anthony Dio Martin, menyebutnya dengan istilah Toxic Employee atau kita sebut saja sebagai “karyawan bermasalah”.

Namun, karyawan yang termasuk tipe ini bukanlah karyawan yang tergolong bodoh dan malas. Sering kali, ia sangat jenius dan produktif. Atasan dan rekan sejawat akan kesulitan menemukan mereka melakukan kesalahan, kelalaian, mangkir kerja, atau melanggar aturan.

Namun yang menjadi masalah adalah karakter, sikap, dan hati karyawan bermasalah ini bisa menciptakan suasana buruk di sekitarnya. Orang menjadi terganggu dan tidak nyaman, bahkan bisa mematikan inisiatif, kreativitas, hubungan baik, serta produktivitas kerja.

Apakah semua karyawan yang mengganggu pasti tergolong toxic ? Tentu saja tidak. Jika perilaku mengganggu tersebut hanya terjadi sesekali, bisa saja ini situasi temporer karena suasana hati karyawan tersebut.

Agar tidak terpapar aura negatifnya, kenali ciri-ciri karyawan bermasalah  yang patut diwaspadai:

1. Negaholic
Selalu berpikir negatif dan pesimis. Bila ditanyai pendapat terhadap ide baru, mereka menanggapi negatif dengan mengeluarkan seribu satu alasan kenapa ide tersebut tak mungkin dijalankan.

2. Sedot Energi Tim
Bagai duri dalam daging, energi tim akan habis untuk mengurusi mereka ketimbang memikirkan ide brilian. Orang-orang tak lagi fokus memajukan proyek, karena kehabisan energi memikirkan ulah Si Racun.

3. Jadi Masalah, Bukan Solusi
Kadang mereka sangat kritis dan jeli dalam melihat masalah, namun ujung-ujungnya melempar masalah dan meninggalkan tim dalam kondisi bingung tanpa solusi.

4. Self-Centered
Dalam berbagai situasi, mereka melontarkan ide cemerlang seolah demi kepentingan orang banyak, padahal ia hanya memikirkan kepentingan dirinya sendiri.

5. Emosional
Bila ditegur atau dikritik, mereka sensitif dan defensif karena menganggap “diserang”. Sehingga, sulit menerima masukan dan feedback .

6. Suka Bergosip
Suka menyebar berita negatif dan gosip yang bisa memengaruhi semangat dan budaya kerja. Akibatnya, sesama karyawan saling curiga.

7. Tak Pernah Bersyukur
Saat mendapat hal baik, mereka berdalih perusahaan memang sepantasnya berlaku demikian. Namun, mereka masih saja mengeluh.

Nah, apakah Anda memiliki ciri-ciri seperti di atas?

Sumber: http://www.tabloidnova.com/

Leave a Reply