Cara Menangani Keluhan Diskriminasi Karyawan

76536887Yang bekerja secara profesional di bidang sumber daya manusia sering dihadapkan dengan masalah sulit yang berkaitan dengan keluhan diskriminasi, pelecehan dan laporan klaim serius lainnya. Sebagai seorang manajer sumber daya manusia, itu tugas Anda untuk membangun tempat kerja yang aman dan produktif bagi setiap karyawan dalam daftar kesejahteraan perusahaan. Semua keluhan harus ditanggapi secara serius dan segera diselidiki. Tidak ada ruang untuk perselisihan atau diskriminasi di lingkungan kerja. Menerapkan beberapa pedoman dasar di kantor Anda dapat membantu Anda menangani berbagai keluhan sensitif yang dapat melibatkan latar belakang etnis karyawan, agama dan orientasi seksual.

Ketika seorang karyawan masuk ke kantor Anda untuk mengajukan keluhan diskriminasi, cobalah untuk tidak gugup atau kesal. Ada kecenderungan untuk mengklaim diskriminasi serius ketika Anda berhubungan dengan orang yang Anda lihat setiap hari, tetapi Anda perlu menjaga jarak dan tetap obyektif. Anda memiliki kewajiban untuk menyelesaikan masalah, sampai ditemukannya kebenaran dan mengambil tindakan disiplin yang tepat. Terlibat pada tingkat individual hanya akan membuat lebih sulit bagi Anda untuk melakukan pekerjaan Anda. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendengarkan keluhan dalam ruang privasi. Ajukan klaim pelecehan atau diskriminasi yang sangat serius. Banyak karyawan yang mencoba menghabiskan waktunya untuk bekerja sampai ada keberanian untuk berbicara dengan manajer sumber daya manusianya, sehingga Anda perlu berhati-hati dengan cara Anda untuk mendekati dalam situasi tersebut. Ketika Anda mendengarkan keluhan, tegaskan agar ia tetap tenang dan bahwa Anda akan meninjau masalah tersebut dengan segera.

Seiring dengan berdiskusi sebaiknya catat tentang situasinya untuk memastikan bahwa Anda tidak lupa dengan hal-hal penting setelah pertemuan sudah selesai. Lalu mulai menyelidiki keluhan sesegera mungkin dengan berbicara kepada semua orang yang terlibat baik secara sengaja dan tidak sengaja. Beberapa kasus memang terjadi diskriminasi pribadi, tetapi sebagian besar terjadi di depan umum ketika rekan kerja tidak sedang sendirian. Salah satu cara termudah untuk menyelesaikan keluhan adalah berbicara dengan saksi yang tidak memihak dan tidak ada alasan untuk tidak jujur. Saat Anda melakukan wawancara, buat catatan bahwa Anda dapat referensi untuk datang dengan perubahan. Ingatlah untuk tidak membuat keputusan sampai Anda memiliki semua fakta di depan Anda. Jika Anda menemukan bahwa Anda tidak dapat menjauhkan diri dari keadaan keluhan, gunakan seorang penyelidik independen. Setelah ada kesimpulan, disiplinkan sesuai dengan kebijakan dan prosedur diskriminasi perusahaan Anda.

Diterjemahkan dari artikel pada http://www.hrresource.com

Leave a Reply