Cara Selesaikan Pekerjaan Sebelum Deadline

157618173Saat telah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan, Anda harus bekerja dengan sungguh-sungguh. Tugas-tugas yang diberikan harus diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Walaupun Anda harus serius, namun dengan merasa santai, Anda akan bisa mendapatkan pikiran yang jernih untuk menyelesaikan pekerjaan. Bekerja dengan tenggat waktu atau deadline sudah menjadi hal yang biasa untuk para karyawan kantor. Jika saat batas waktu berakhir, pekerjaan tersebut belum terselesaikan, Anda akan mendapatkan hal yang tidak diinginkan.

Berikut adalah kiat-kiat untuk bisa menyelesaikan pekerjaan sebelum tenggat waktu atau deadline.

• Tentukan tingkat kesulitan dan prioritas
Setiap pekerjaan pasti memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Dalam mengerjakan suatu tugas, pasti terdapat banyak sub tugas yang bisa diurutkan prioritasnya.
Dengan cara ini, Anda akan bisa memperkirakan waktu yang akan digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan ini. Banyak orang yang merasa lebih nyaman setelah menentukan prioritas pekerjaannya.
Untuk sebagian orang, mereka lebih menyukai untuk melakukan pekerjaan dari yang mudah terlebih dahulu. Hal sebaliknya terjadi pada sebagian orang yang merasa lebih nyaman setelah menyelesaikan pekerjaannya mulai dari yang paling sulit.

• Konsentrasi dan fokus
Setelah menentukan pekerjaan sesuai dengan prioritasnya, Anda akan bsia memulai pekerjaan dengan lebih fokus dan konsentrasi. Konsentrasi dan fokus memang menjadi kunci dari selesainya pekerjaan dengan baik. Pikiran akan lebih jerih dan semua tugas yang dibebankan dapat selesai sebaik mungkin.

• Manajemen waktu
Pengaturan waktu yang tepat juga menjadi faktor penting untuk menyelesaikan pekerjaan sebelum tenggat waktu atau deadline.
Saat melakukan pekerjaan, Anda harus tetap memiliki waktu untuk rehat sejenak dan mengistirahatkan pikiran. Waktu istirahat ini akan memberikan kesegaran saat melanjutkan pekerjaan.
Jarak antara tugas satu dengan yang lain dapat ada manfaatkan sebagai waktu istirahat yang bermanfaat. Selain itu, Anda juga bisa menentukan tenggat waktu setiap tugas sebelum deadline datang. Cara ini akan membuat tahapan pekerjaan Anda menjadi lebih teratur dan terarah.

• Berani menolak
Saat sedang serius mengerjakan tugas, Anda harus berpegang teguh dan tekun. Saat rekan mengajak untuk menghabiskan waktu dengan hal yang tidak terkait dengan pekerjaan, ada baiknya jika berani untuk menolak.
Penolakan ini memang sangat diperlukan jika Anda ingin menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan pengaturan waktu yang sudah dibuat sebelumnya. Cara ini akan membuat Anda lebih bisa berkonstrasi untuk mengerjakan tugas tepat waktu.

Keberanian untuk menolak harus ditanamkan sejak awal agar Anda bisa menuntaskan pekerjaan dengan lebih baik.  Semua hal yang diuraikan diatas akan bisa membimbing Anda untuk menyelesaikan tugas tepat waktu namun tetap bisa merasa santai dan nyaman.

Sumber: DailyMail

Leave a Reply