Di Mana Bakat Anda Dalam 5 Tahun?

TalentsPersaingan atas bakat semakin ketat. Orang-orang yang paling berprestasi adalah mereka yang paling memiliki kesempatan kerja dan karena itu juga berisiko ‘lompat’ ke perusahaan lain.

Sementara itu, HR juga dihadapkan dengan tantangan untuk beradaptasi dengan mobilitas karir yang lebih besar dari generasi angkatan kerja saat ini yang menolak ‘pekerjaan seumur hidup’.

Meskipun “Di mana Anda melihat diri Anda dalam waktu lima tahun?” adalah pertanyaan yang tetap terus valid untuk peserta wawancara, pertanyaan yang paling penting yang dihadapi SDM dan organisasi saat ini adalah “Di mana Anda melihat bakat Anda dalam waktu lima tahun?”

HRD perlu memiliki senjata yang lebih canggih untuk manajemen bakat, tapi lebih penting adalah kebutuhan atas perubahan pola pikir. Misalnya, penting bagi HRD untuk memiliki pemahaman yang lebih dalam atas apa yang memotivasi individu di tempat kerja. Pertanyaan kunci SDM yang seharusnya ditanyakan hari ini adalah mengapa ada orang yang ingin bekerja untuk organisasi saya dan mengapa mereka harus tetap bekerja di sini?

Retensi dimulai di bagian paling atas dari organisasi dan meluas melalui setiap tingkatan manajemen. Kualitas keterampilan kepemimpinan membuat perbedaan penting antara karyawan yang memiliki fokus komitmen pada tujuan pribadi dan organisasi, dan mereka yang tanpa henti mencari tempat lain untuk kesempatan karir besar berikutnya. Investasi dalam pelatihan untuk memastikan manajer memiliki kepemimpinan yang diperlukan dan keterampilan komunikasi untuk mendukung dan mengembangkan tim mereka dapat membuat perbedaan nyata di sini.

Juga penting bahwa manajemen bakat didukung oleh pemahaman yang kuat dari keinginan dan kebutuhan demografis yang berbeda di tempat kerja. Saat ini ada empat generasi berdampingan (para tradisionalis, Baby Boomers, Generasi X dan Generasi Y) bekerja dan bagaimana generasi yang berbeda mengatasi dunia kerja dapat memiliki pengaruh besar pada perekrutan, produktivitas karyawan hingga profitabilitas perusahaan.

Anda perlu solusi yang berbeda untuk segmen yang berbeda dari tenaga kerja Anda dan Anda harus berpikir tentang individu bukan pekerjaan, atau system grading atau  masa kerja.

Individu mana yang memiliki potensi untuk menciptakan nilai yang tidak proporsional untuk organisasi Anda?

Keterampilan apa yang Anda butuhkan sekarang dan dalam waktu lima atau sepuluh tahun? Apa langkah yang dapat diambil sekarang untuk menarik, memelihara dan mempertahankan orang-orang dengan keterampilan ini?

Perang untuk bakat  akan terus menggila dan sudah saatnya sudah tiba untuk melakukan pendekatan yang lebih tertarget untuk manajemen bakat dan perencanaan suksesi.

Sumber:  HR Magazine

Leave a Reply