Efek Akibat Kompensasi Promosi dan Mutasi Tidak Seimbang

Efek Akibat Kompensasi Promosi dan Mutasi Tidak SeimbangKompensasi dan benefit yang didapatkan seorang karyawan haruslah memiliki keseimbangan antara tugas dan tanggung jawab yang diberikan sebab kalau tidak sesuai maka akan terjadi konflik pada akhirnya terhadap seorang karyawan tersebut, hal inipun terjadi pada saat seorang karyawan yang awalnya sudah dipromosi.

Misal dari posisi officer menjadi supervisor setelah diproses maka officer tersebut hanya mendapatkan kenaikan gaji yang disesuaikan dengan gaji supervisor yang baru masuk padahal officer ini sudah lama bekerja sehingga konflik yang terjadi adalah kekecewaan karyawan yang dipromosikan tersebut sebab merasa kurang dihargai kontribusinya selama ini diperusahaan.

Hal ini juga bisa terjadi kepada seorang karyawan yang dimutasikan ke bagian tertentu setelah melihat surat keputusan yang diterima maka kompensasinyapun tidak sebanding dengan yang diharapkan bahkan sangat jauh sekali dengan kondisi yang ada dan efek yang terjadi misalnya jarak tempat bekerja, tanggung jawab pekerjaan yang diberikan karena pekerjaannya merangkap dari sebelumnya, ataupun kondisi waktu kerja yang memaksakan harus lembur di tempat yang dimutasikan karena tidak adanya anak buah dan akhirnya mengakibatkan karyawan tersebut menjadi kehilangan motivasi di dalam bekerja kalau kondisi seperti ini maka perusahaanpun harus berhati-hati.

Kompensasi dan benefit kepada seorang karyawan memang sangat sensitif sekali dan perusahaan harus bisa sebijaksana mungkin menanggapi hal ini jangan sampai membuat karyawan kecewa, tidak dihargai oleh perusahaan dan akhirnya mengundurkan diri dari perusahaan.

Mungkin kalau karyawan tersebut performancenya kurang bagus pastilah perusahaan tidak akan menahan karyawan tersebut resign tapi kalau karyawan yang performancenya baik,pintar,dapat diandalkan resign wah..hal ini suatu kehilangan untuk perusahaan karena justru dapat merugikan perusahaan apalagi kalau karyawan ini yang mengetahui tentang kondisi dan rahasia perusahaan.

Perusahaan harus segera mengantisipasi hal ini jangan sampai database dan rahasia perusahaan menjadi tersebar ke luar atau ke perusahaan lain yang menjadi pesaing perusahaan kita.

Dengan demikian apa yang harus segera dilakukan :

1. Perusahaan harus kembali mereview ulang surat keputusan yang dibuat terhadap promosi dan mutasi karyawan dengan melihat apakah pekerjaan serta tanggung jawab yang diberikan di lapangan sudah sesuai dengan kompensasi yang diterima atau tidak? Yaitu kenaikan gajinya, kalau memang angka kenaikan gaji tersebut tidak sesuai maka surat keputusan promosi dan mutasi tersebut dapat segera direvisi.

2. Perusahaanpun dapat mereview kembali masalah tunjangan jabatan apakah sudah cocok dan sesuai atau tidak?
Kedua hal diatas harus segera diputuskan secepatnya oleh perusahaan dan kalau sudah diputuskan maka selanjutnya surat keputusan tersebut harus diberikan kepada karyawan yang bersangkutan. Mengapa demikian? Supaya kepercayaan karyawan terhadap perusahaan kembali seperti sebelumnya.

Sumber: http://businesslounge.co

Leave a Reply