Hal Yang Jangan Disepelekan Dalam Ketenagakerjaan

Undang-undang ketenaga kerjaan yang ada pada dasarnya semua bertujuan sama, melindungi karyawan atau pekerja dari hak-haknya, sehingga perusahaan dapat bersepakat untuk memandang bahwa karyawan adalah aset perusahaan, dengan memperhatikan kesejahteraannya maka akan membuat loyalitas dan kinerja kerja meningkat, dan ujungnya produktivitas meningkat dan berdampak pada kemajuan perusahaan.

Ada beberapa hal yang jangan disepelekan di dalam perusahaan sebab hal-hal tersebut yang jika kurang diperhatikan dapat berdampak karyawan terbaik melirik perusahaan pesaing, contoh :

1. Melakukan review terhadap Perjanjian Kerja Bersama (PKB) setiap 2 tahun sekali, apakah PKB yang ada saat ini masih cocok dengan perkembangan dunia kerja saat ini.

2. Fasilitas kerja
Apakah fasilitas kerja yang ada saat ini masih layak setelah ada perkembangan usaha, misalnya saja ruangan kerja dua tahun lalu dengan 4 orang karyawan masih sama dengan saat ini setelah bertambah menjadi 8 karyawan, apakah masih layak ruang kerja yang ada.

3. Benefit
Apakah benefit perusahaan saat ini masih sama dengan benefit 3 tahun lalu, misalnya tunjangan kesehatan untuk dokter umum masih sama Rp 20.000 sama seperti 3 tahun lalu, atau tunjangan transport yang masih sama juga seperti 3 tahun lalu sementara BBM sudah naik beberapa kali.

4. Benefit lainnya
Mendaftarkan karyawan pada kepeserta Jamsostek atau Dana Pensiun.

5. Soft Loan
Pemberian soft loan kepada karyawan untuk kepemilikan rumah atau mobil.

6. Bonus
Sebagai penghargaan atas prestasi kerja karyawan maka diberikan bonus sebagai penambah motivasi untuk tahun kedepannya

7. Training
Pemberian kesempatan training bagi karyawan yang dapat meningkatkan produktivitas kerja.
Apakah hal-hal tersebut di dalam perusahaan Anda telah dilakukan evaluasi minimal 2 tahun sekali, demi menjaga karyawan terbaik Anda untuk tidak berpindah kepada perusahaan pesaing.

Sumber: http://businesslounge.co/

Leave a Reply