Hargailah Waktu dan Kesempatan Yang Ada

Hargai waktu dan kesempatan yang ada

Foto: gettyimages.com

Seringkali kita menata tugas-tugas kita dengan demikian baik untuk mencapai efisiensi waktu yang optimal. Namun semua itu adalah cara-cara mengatur waktu dari cara pandang eksternal. Bagaimana sekarang kita mengembangkan sikap yang tepat terhadap waktu dari dalam diri kita secara internal, sehingga kita dapat menikmatinya dengan penuh. Bagaimana kita memiliki sikap yang menghargai waktu dan kesempatan yang ada dalam hari hari kita. Langkah-langkah di bawah ini bisa kita lakukan dalam menghargai waktu yang ada,

1. Lupakan masa lalu dan jangan kuatir akan masa depan

Kekuatiran adalah penyakit yang dapat melumpuhkan produktifitas kita sehari-hari. Masa lalu adalah sejarah dan masa depan adalah mimpi, satu-satunya kenyataan adalah hari ini. Ibarat sebuah kapal supaya hidup kita tidak tenggelam, kita mesti menutup lobang penyesalan dan kekuatiran itu hingga kapal kita tidak bocor.

2. Jangan lihat kaca spion terus waktu nyetir

Kaca spion penting dalam mengendarai mobil untuk melihat belakang kita, namun terus menerus melihat kaca spion dan hanya sekali-sekali melihat kedepan pasti akan membuat kecelakaan terjadi. Seperti itu juga masa lalu kita, masa lalu adalah alat yang penting , tapi jika kita terlalu fokus melihat ke belakang sangat sukar untuk membawa hidup ini kepada tujuan kita. Jika kita terus melihat masa lalu maka masa depan kita tidak berbeda dengan masa lalu.

3. Perspektif pada masa depan

Yang menghancurkan produktifitas hari ini juga ketakutan akan masa depan, jadi seperti penyesalan masa lalu kuburkan juga kekuatiran akan masa depan. Daripada mengatakan saya akan mengambil langkah positif untuk membawa saya kepada tujuan saya lebih baik mengatakan saya akan melakukan langkan ini hari ini.

4. Menghargai hari ini

Setiap hari adalah suatu anugrah yang baru bagi kita, jangan sampai kita kehilangan kesukaan menikmati hari ini. Natal adalah hari yang terbanyak dirayakan oleh orang di dunia ini. Itu adalah hari memberi dan menerima, dan itu adalah hadiah pada hari itu, bukan yang lalu ataupun yang akan datang, jadi cara kita mengelola waktu adalah menikmati hari ini.

5. Penuhi Tujuan Anda

Akan tiba waktunya bagi setiap kita untuk mengetahui tujuan hidup kita. Ketika kita telah mengetahui tujuan hidup kita, maka harus segera kita mengejarnya setiap hari dengan menggunakan waktu dan energi untuk pencapaian tujuan kita ini. Kita tidak boleh melalui satu haripun tanpa melakukan sesuatu yang berhubungan dengan tujuan hidup kita.

6. Kalahkan pembunuh waktu (time killer)

Banyak sekali pembunuh waktu itu, misalnya, menunda-nunda, keraguan-raguan, ketakutan, kemalasan, dll.

Cara kita menghadapai pembunuh waktu ini, pertama-tama dengan menyadari bahwa hal yang negatif itu bukanlah pribadi kita. Orang sering berkata, saya tukang menunda-nunda, saya memang pemalas, saya memang peragu, saya memang penakut, saya memang…..

Selama kita melihat bahwa kualitas negatif itu adalah bagian dalam hidup kita, maka kita tidak akan berubah. Akan tetapi bila kita melihat bahwa semua yang negatif itu adalah kekuatan yang berasal dari luar diri kita , maka kita akan dapat mengalahkannya, penundaaan, malas, ragu-ragu, takut itu seperti nyamuk yang mendarat ditangan kita, kalau kita tidak mematikannya, itu akan membuat darah kita diambil, energi kita terbuang.

Matikan semua itu dengan penangkalnya, malas dengan rajin, menunda dengan menyelesaikannya hari ini, ragu-ragu dengan iman, takut dengan keyakinan.

7. Kesempatan Terakhir

Waktu hidup kita tidaklah pasti, mungkin kita akan teringat pada saat kita membaca korban jiwa karena gempa yang datang mendadak, atau orang yang kita kasihi meninggalkan kita, itu tidak berarti kita menjadi takut akan kematian, hanya kita mesti menyadari sangat sementara hidup kita ini. Memandang setiap hari adalah kesempatan terakhir dalam hidup kita , membuat kita berusaha semaksimal mungkin agar tujuan hidup kita tercapai hari itu

8. Pekerjaan hari ini selesaikan hari ini

Pencuri waktu terbesar adalah semua penundaan untuk mengerjakan tugas-tugas yang harus kita selesaikan setiap hari. Memulai hari tanpa rencana kerja yang jelas akan mengundang pikiran tanpa ide dan akan ditemani dengan kekosongan dan kebingungan.

9. Hari yang terbaik dalam kehidupan kita

Kesadaran untuk selalu membuat setiap hari lebih baik dari hari kemarin menciptakan standard yang terus meningkat yang akan mendorong kita kepada perbaikan setiap hari. Sebuah kebiasaan yang akan menyadarkan kita setiap hari dengan antisipasi yang kuat bahwa hari ini akan menjadi hari yang terbaik dalam kehidupan kita.

10. Lakukan satu hal yang baru yang anda tidak lakukan kemarin

Setiap hari kita harus berkata ” saya akan menelpon lebih banyak hari ini, saya akan menjual lebih banyak barang hari ini, saya akan menghasilkan uang lebih banyak hari ini. Setiap menit pada hari ini akan lebih berbuah dari satu jam kemarin!”

Betapa pentingnya untuk menghargai waktu dan kesempatan yang ada. Dengan belajar menghargai waktu, maka waktu akan menjadi teman yang setia, yang akan membawa kita kepada tempat yang sukses tujuan kita.

(Iin Caratri/IC/BL)

Sumber: businesslounge.co

Leave a Reply