Human Resource Audit

Tujuan pelatihan ini adalah para manajer dan atau pimpinan di bidang SDM memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang jelas tentang bagaimana pelaksanaan audit sumber daya manusia dalam upaya untuk mengantisipasi tantangan-tantangan perubahan yang terjadi secara terus-menerus dalam dunia yang semakin menglobal

Seminar/Conference Description :
Latar Belakang
Saat ini organisasi/perusahaan menghadapi banyak tantangan dalam Manajemen Sumber Daya Manusia, di mana pada media massa selalu terdapat laporan mengenai perampingan organisasi, keanekargaman tenaga kerja, pemutusan hubungan kerja, kekurangan tenaga kerja ahli pada berbagai industri, dan hal lainnya. Di mana sumber daya manusia merupakan kontributor usaha strategis bagi organisasi dan dapat mempengaruhi daya saing perusahaan pada dunia yang sudah mengglobal.

Tingkat efektivitas manajemen sumber daya manusia dipandang turut mempengaruhi kinerja suatu organisasi, sebesar atau sekecil apapun organisasi tersebut. Menurut David Ulrich : “sumber daya manusia harus didefinisikan bukan dengan apa yang sumber daya manusia lakukan, tetapi apa yang sumber daya manusia hasilkan”, karena sumber daya manusia dipandang semakin besar peranannya bagi kesuksesan suatu organisasi, maka banyak organisasi saat ini menyadari bahwa “manusia” dalam organisasi dapat memberikan keunggulan bersaing. Manajemen sumber daya manusia berhubungan dengan sistem rancangan formal dalam suatu organisasi untuk menentukan efektivitas dan efisiensi dilihat dari bakat seseorang untuk mewujudkan sasaran suatu organisasi.

Lingkungan yang dihadapi oleh manajemen sumber daya manusia sangatlah menantang, perubahan muncul dengan cepat dan meliputi masalah sangat luas. Berdasarkan penelitian Hudson Institute dalam bukunya Workforce 2020 menitikberatkan pada masalah-masalah yang menyangkut tenaga kerja. Dari penelitian tersebut dan sumber lainnya, bahwa tantangan-tantangan yang dihadapi oleh manajemen sumber daya manusia adalah sebagai berikut :

  • Perekonomian dan perkembangan teknologi
  • Ketersediaan dan kualitas tenaga kerja
  • Kependudukan dengan masalah-masalahnya
  • Restrukturisasi organisasi

Melihat tantangan tersebut organisasi/perusahaan memerlukan suatu kegiatan untuk melakukan analisis kebutuhan mengenai sumber daya manusia ke depan, dilihat dari kondisi sumber daya manusia saat ini baik kuantitas maupun kualifikasinya/kualitas supaya tidak terjadi gap, artinya kebutuhan sumber daya manusia masa yang akan datang dapat diantisipasi. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan audit sumber daya manusia, yaitu kegiatan penilaian atau pemeliharaan intern perusahaan yang berkaitan dengan sumber daya manusia, di mana tujuannya difokuskan untuk memperbaiki kualitas. Secara terinci audit sumber daya manusia, yaitu :

  • Suatu proses intensif; penyelidikan, penganalisisan, dan perbandingan informasi yang ada dengan norma standar yang berlaku
  • Penelusuran secara formal dan sistematis mengenai efektivitas program sumber daya manusia (kepegawaian), program analisis jabatan, penarikan pekerja, tenting, pelatihan dan pengembangan SDM, promosi jabatan, transfer, taksiran pegawai, moral dan sikap kerja, penyuluhan pegawai, upah, administrasi upah, dan penelitian/riset pegawai.

Kegiatan audit sumber daya manusia sangatlah diperlukan perusahaan untuk mengantisipasi berbagai perubahan yang terjadi, sehingga perusahaan dapat tetap survival, karena melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusianya secara terus menerus (continual improvement). Di mana fokus utama sumber daya manusia perusahaan tersebut adalah memberikan kontribusi pada suksesnya organisasi yang berkaitan dengan produktivitas, kualitas dan pelayanan dari sumber daya manusia itu sendiri. Hal ini tentu bagi perusahaan/organisasi sangat memerlukan pengetahuan dan pemahaman tentang audit sumber daya manusia, terutama dalam pelaksanaannya, sehingga diperlukan adanya pelatihan terhadap para manajer dan atau para pengambil keputusan di bidang sumber daya manusia.

Maksud Dan Tujuan Pelatihan

Maksud diadakannya pelatihan materi audit sumber daya manusia perusahaan/organisasi adalah para manajer dan atau pimpinan di bidang sumber daya manusia memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang jelas tentang bagaimana pelaksanaan audit sumber daya manusia dalam upaya untuk mengantisipasi tantangan-tantangan perubahan yang terjadi secara terus-menerus dalam dunia yang semakin menglobal. Sedangkan tujuannya, yaitu :

  • Untuk mengetahui mengenai pentingnya dari pelaksanaan audit sumber daya manusia perusahaan/organisasi.
  • Untuk meningkatkan pemahaman mengenai proses pelaksanaan analisis kebutuhan pekerja perusahaan/organisasi melalui audit sumber daya manusia.
  • Untuk meningkatkan ketepatan dan kecepatan dalam proses pengambilan keputusan mengenai kebutuhan kuantitas dan kualitas/kualifikasi pekerja melalui audit sumber daya manusia.

SASARAN PELATIHAN
Sasaran dari pelatihan audit sumber daya manusia perusahaan/organisasi ini adalah para manajer atau pimpinan di bidang sumber daya manusia, dan juga mereka yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam penentuan kebutuhan sumber daya manusia.

Speaker :
DR. Ayi Tejaningrum, SE,MT.
Berpengalaman lebih dari 20 tahun memberikan pelatihan yang berhubungan dengan materi Pengembangan SDM, Purnabakti, Audit Internal, Manajemen Pemasaran, Manajemen Mutu, Statistitical Quality Control, Manajemen Projek, ISO/OHSAS, Statistik, Six Sigma, Pengembangan Bisnis, Manajemen Produksi, dll. Telah memberikan pelatihan diantaranya: PT. Chevron Indonesia, PT. Pertamina, PT. Badak LNG, PT. ARUN LNG, PT. MEDCO, PT. Adaro, PT. PLN Persero, PT. Indonesia Power, PT. Aneka Tambang, Setjen DPRRI, Sekretariat Wakil Presiden, PT. Pupuk Sriwidjaya, PT. Pupuk Kujang, PT. Semen Gresik, PT. Semen Padang, PT. Total Indonesia, PT. Surveyor Indonesia, PT. PERURI, PT. Reasuransi International Indonesia, PT. Telkomsel, PT. Bank CIMB Niaga Tbk, Perum Pegadaian, dll.

Outline :
Materi Pelatihan
Materi yang akan dibahas dalam pelatihan ini diantaranya:

  • PERUBAHAN MENDASAR MANAJEMEN SDM; change, budaya dan kesinambungan hidup perusahaan, transisi sumber daya manusia, tantangan manajemen SDM, reposisioning peran SDM, aktivitas manajemen SDM, peran manajemen SDM, arsitektur SDM.
  • KONSEP AUDIT SUMBER DAYA MANUSIA; pengertian, peranannya dalam manajemen SDM, hubungan dengan fungsi dan aktivitas Manajemen SDM, hubungannya dengan riset SDM, tujuan dan manfaat audit SDM, kerangka berpikir audit SDM.
  • ASPEK-ASPEK AUDIT SUMBER DAYA MANUSIA; pemeriksaan dan pengujian kualitas kekuatan sumber daya manusia (Quality of Workforce), analisis jabatan, interelasi jabatan, dan analisis kondisi kerja, atau sebagai aspek penentuan kualitas/kualifikasi (determining quality), analisis daftar kemampuan (skill inventory), analisis turn over (LTO) atau expected Losses, dan analisis daftar kemampuan kerja (internal moves), alat-alat audit sumber daya manusia.

 

Date :
Thursday, 06-02-2014 – Friday, 07-02-2014

Venue:
Hotel Menara Peninsula Jl. Let. Jend. S. Parman 78 Jakarta
Jakarta

Fee:
Rp. 3.750.000,-

 

Untuk pendaftaran atau informasi lebih lengkap, silahkan hubungi
Sdr. Randy atau Sdr. Budi
T. (021) 719 1612 (Hunting)/ 719 9555 (Hunting)
F. (021) 719 9552

Visit us here

Leave a Reply