Ini 4 Unsur Penting Menumbuhkan Etos Kerja

Foto: gettyimages.com

Foto: gettyimages.com

Etos kerja merupakan materi dasar yang penting bagi perusahaan. Motivator ulung, Ainy Fauziah, menilai etos penting karena merupakan akar kesuksesan sebuah perusahaan.

Dalam diskusi terbatas di kantor Tempo di Mayestik, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Kamis, 26 September 2013, Ainy Fauziah mengatakan etos kerja merupakan seperangkat perilaku positif yang berakar pada keyakinan fundamental yang disertai komitmen total pada paradigma kerja.

Motivator sumber daya manusia dan perusahaan ini menjelaskan apabila seseorang, suatu organisasi, atau suatu komunitas menganut paradigma kerja, mempercayai, dan berkomitmen pada paradigma kerja tersebut, semua itu akan melahirkan sikap dan perilaku kerja mereka yang khas. Itulah yang akan menjadi budaya kerja. “Semua berawal dari niat yang kuat,” kata Ainy.

Dalam materinya, Ainy mencoba memetakan empat unsur penting untuk menumbuhkan etos kerja, adalah sebagai berikut :

1. Kejujuran. Kejujuran merupakan sifat dasar yang mesti dimiliki oleh seorang karyawan atau pekerja. Jujur dalam diri sendiri akan tercermin dalam perilaku keseharian seseorang. Lebih jujur juga akan mendapatkan kepercaan lebih dari orang lain.

2. Tanggung jawab. Rasa tanggung jawab merupakan cerminan bahwa kita memiliki komitmen yang tinggi atas apa yang kita lakukan.

3. Saling menghormati. Perlunya pengakuan atau penilaian atas prestasi kerja, hal ini akan menciptakan rasa saling menghormati dan menghargai karya satu sama lain di dalam perusahaan.

4. Kepedulian. Ketiga elemen di atas perlu diaplikasikan melalui rasa kepedulian baik dalam lingkungan sendiri maupun masyarakat luas.

Leave a Reply