Kapan Saatnya Naikkan Gaji Karyawan Anda?

Kapan Saatnya Naikkan Gaji Karyawan Anda?

foto: gettyimages.com

Isu kenaikan gaji merupakan hal peka baik bagi entrepreneur/ pemilik bisnis dan pekerja yang bernaung di bawahnya. Di satu sisi, para pegawai biasanya merasa segan untuk membicarakannya secara blak-blakan meski sebenarnya sangat membutuhkannya. Di sisi lain, pemilik usaha juga dituntut untuk memelihara efisiensi usaha dan menjaga agar keuangan usahanya tidak mudah oleng, yang bisa membuat perusahaan karam.

Namun, pada dasarnya ada hal-hal yang dapat dijadikan patokan yang mengukuhkan kebijakan untuk menaikkan gaji karyawan. Jika Anda masih memiliki usaha baru, dan belum banyak mengetahui saat yang tepat untuk menaikkan jumlah gaji karyawan, Anda dapat menyimak uraian berikut ini.

Pertama, Anda perlu menaikkan gajinya setelah status profesionalnya lebih tinggi. Pertimbangkanlah untuk memberikan kenaikan gaji jika tim perusahaan Anda berhasil mencapai atau bahkan melampaui target yang diberikan. Atau Anda dapat memberikan kenaikan gaji setelah sebuah proyek diselesaikan dengan melebihi ekspektasi klien.

Kedua, Anda bisa naikkan gaji dengan waktu dan kondisi yang tepat. Sisihkan waktu agar Anda sebagai entrepreneur/ pemilik usaha dapat memberikan perhatian lebih kepada kesejahteraan pekerja Anda. Jika memang waktunya dirasa tepat dan kondisi memungkinkan, terapkanlah kebijakan kenaikan gaji tersebut. Tetapi jangan cuma mengatakan, “Gaji akan dinaikkan segera.” Anda sebagai pemilik bisnis juga mesti mengatur keuangan. Buat rencana kenaikan gaji karyawan yang terperinci, cantumkan jumlah spesifik kenaikannya. Pastikan realistis dan manusiawi tetapi pada saat yang sama tidak membebani keuangan perusahaan terlalu berlebihan. Akan lebih baik jika Anda dapat menjelaskan alasan mengapa angka tersebut dipilih kepada perwakilan karyawan. Gunakan fakta-fakta mengenai pekerjaan-pekerjaan yang dapat dibandingkan jumlah gajinya.

Ketiga, Anda harus menaikkan gaji saat tingkat pengeluaran aktivitas hidup yang mendasar juga meningkat pesat. Contohnya saja saat kenaikan harga BBM yang baru beberapa waktu diberlakukan. Mau tak mau, Anda sebagai pengusaha perlu memberikan tambahan gaji bagi karyawan agar mereka dapat bekerja lebih tenang dan fokus. (*Akhlis)

Sumber: www.ciputraentrepreneurship.com

Leave a Reply