Kerja Dengan Tim Terbukti Mampu Hasilkan Performa Terbaik

team workSebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa seseorang bisa tampil lebih baik jika bekerja dengan tim daripada sendirian.

Penelitian dari Bangor University, Inggris, tersebut tepatnya mengevaluasi 20 responden berusia 20-an. Mereka semua dikompetisikan dalam empat percobaan yang dirancang oleh peneliti, demikian seperti yang dilansir dari The Daily News.

Pada dua kompetisi pertama, responden diadu satu lawan satu dengan yang lain. Kemudian pada dua kompetisi berikutnya, responden saling melawan dalam kelompok dua lawan dua dan empat lawan empat.

Seluruh responden juga diminta melaporkan rasa cemas, usaha, dan kesenangan yang dirasakan ketika berkompetisi. Peneliti lantas mengumpulkan data detak jantung dan indikator psikologis lainnya.

Hasilnya, responden yang berkompetisi satu lawan satu terbukti lebih cemas daripada mereka yang tampil dalam bentuk kelompok. Selain itu, bekerja sama dalam kelompok juga memberikan kesenangan yang lebih banyak daripada responden yang berjuang sendirian.

Hasil penelitian tersebut pun dilaporkan dalam Journal of Sport and Exercise Psychology.

 Sumber: www.merdeka.com

Leave a Reply