Membangun Passion Karyawan agar Kontributif

bigstock_Partnership_And_Team_Work_2601348Sebagai pemimpin perusahaan baik seorang General Manager, senior manager atau hanya seorang supervisor dengan beberapa  staff dalam tim Anda, tentu sangat berkeinginan mempertahankan karyawan dan menjaga performa mereka dalam bekerja.  Anda tentu sangat ingin mereka betah dan senang dalam bekerja serta memberikan kontribusi maksimal bagi tim dan organisasi Perusahaan.

Tugas Anda sebagai atasan adalah “memberimakan” mereka sehingga mampu optimal dan maksimal dalam bidangnya, dengan kata lain kompeten dan yang utama adalah Kontributif.  Bagaimana Anda mampu menjadikan Karyawan Anda sebagai orang yang memiliki passion untuk kontributif bagi tim.

Passion adalah hasrat yang menggebu yang menjadikan Anda mengerjakan sesuatu sebagai tantangan bukan beban.  Passion adalah ketertarikan dan minat Anda pada sesuatu yang yakin menjadi nilai positif dalam kehidupan pribadi Anda.  Tanpa diminta pun, seseorang dengan passion tinggi akan melakukan apapun demi keberhasilan dan performa yang harus dicapainya.  Passion menjadikan seseorang wants to do more.  Inilah Keuntungan bagi Anda yang memimpin banyak orang dengan passion tinggi dalam bidang kompetensinya.  Karyawan dalam Perusahaan jika mereka memiliki passion pada bidang dan tugas – tanggung jawabnya maka seberapa tinggi pun target, mereka akan bersemangat bekerja dan berusaha untuk mencapainya dengan berbagai Ide dan Strategi. Sekarang, bagaimana Anda menciptakan passion itu dalam hati karyawan? Ada beberapa cara dan tahapan yang harus Anda lakukan:

1.Perlakukan Mereka dengan Istimewa.

Setiap Karyawan akan sangat Dihargai ketika mereka “Dimanusiakan”, semisal jika kondisi Jam Istirahat tentu Anda tidak mungkin meminta laporan mingguan, dimana akan lebih bijaksana jika dimintakan setelah jam istirahat berakhir.  Selain itu, Perlakuan Istimewa bukan berarti memanjakan mereka dengan uang saja tetapi lebih bagaimana mereka merasa dipandang “PENTING” oleh perusahaan khususnya oleh pimpinan mereka. Urusan mereka seolah-olah urusan perusahaan, beban mereka seolah-olah beban perusahaan.

2.Tanamkan Budaya “Bangga terhadap Perusahaan”.

Hal ini dapat dilakukan dengan sikap konsisten seluruh tingkatan dalam perusahaan dari mulai manajemen sampai kepada karyawan di level terendah.  Jika Anda sebagai atasan tidak menunjukkan Rasa Bangga pada Perusahaan tentu akan menular kepada Mereka, sehingga memberikan kinerja yang cenderung rata-rata.

3.Hargai setiap Keberhasilan Kecil.

Dengan sikap penghargaan atau pujian baik secara pribadi maupun dihadapan tim sangat berengaruh pada kinerja individu. Selain itu berikan pula “REWARD” yang sudah terprogram sebelumnya.  Penghargaan kepada keluarga mereka pun dapat menjadi sebuah stimulus positif kedepannya.

4.Secara Rutin temukan bakat dan Keinginan Berkembang.

Karyawan sangat ingin diberikan kesempatan baginya untuk berkembang.  Perkembangan karyawan tidak melulu dengan salary increase dan benefit lain, namun dapat pula berbentuk training atau pelatihan.

5.Berikan “TRUST”.

Agar karyawan percaya diri bahwa dia sanggup mencapainya dan bahwa pasti berhasil maka Anda berikan Rasa Percaya. Perkatakan terus hal Positif yang menggali potensinya.  Rasa Percaya Anda menjadikan Beban Tanggung Jawab Kerja mereka menjadi Beban Moral yang sangat Krusial sifatnya.

Setiap orang memerlukan dukungan dan motivasi dalam perjalanan karir dan hidupnya, jika Anda berhasil menciptakan Passion itu pada karyawan, maka Anda akan mengambil bagian dalam keberhasilan yang dicapainya. Betapa luar biasanya jika setiap pemimpin menyadari hal ini dan berpacu menciptakannya di setiap area kerja atau bagian mereka, sepertinya Kemenangan dan Keberhasilan tidaklah terlalu jauh untuk diraih.

Passion memang dapat tercipta dari diri seseorang begitu saja namun Anda perlu menyakini bahwa passion dapat pula diusahakan untuk tercipta dalam diri seseorang oleh karena ada orang lain yang berusaha menciptakannya. Banyak orang menggeluti bidang yang berbeda dari latar belakang pendidikannya dan dia berhasil di bidang yang berbeda itu oleh karena ada orang yang memperkenalkannya dan mendukungnya secara konsisten sehingga terciptalah passion di hatinya, setelah itu. Dia akan mengalir dengan sendirinya bahkan sering kali jauh lebih deras dari yang diperkirakan si penciptanya.

Sumber: ikhtisar.com

Leave a Reply