Meminimalkan Dampak Emosional Saat Harus Merumahkan Karyawan

Foto: Gettyimages.com

Foto: Gettyimages.com

Sebagai pemimpin, salah satu hal paling menantang untuk dilakukan ialah memberitahukan pada seorang karyawan bahwa manajemen perusahaan memutuskan akan merumahkannya. Berikut merupakan 3 kiat untuk menangani situasi yang sangat menyulitkan secara emosional ini:

  1. Membawa jawaban: Saat seseorang dalam perusahaan harus direlakan untuk pergi, ia mungkin memiliki banyak sekali pertanyaan dan kecemasan yang harus ia hadapi. Persiapkan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan teknis dan logistik yang seperti saat hari terakhirnya bekerja di perusahaan, bagaimana rekan-rekan kerjanya akan diberitahukan mengenai keputusan yang menyedihkan itu.
  2. Dengarkan, jangan bereaksi: Kehilangan pekerjaan bisa jadi salah satu pengalaman paling mengerikan dan traumatis dalam kehidupan manusia. Jangan terjebak dalam menanggapi emosi para karyawan Anda. Dengarkanlah dengan penuh rasa hormat dan menghargai. Tawarkan untuk melakukan pembicaraan lagi kemudian saat emosi tidak terlalu mendominasi otak Anda.
  3. Berbicara dengan tim Anda: Memecat seorang karyawan memberikan pengaruh pada setiap orang yang tergabung dalam tim Anda. Hal ini tidak akan hanya mengubah tugas dan pekerjaan, tetapi orang juga akan bertanya mengenai kemapanan pekerjaan yang mereka miliki sekarang. Berbicaralah dengan mereka untuk memberikan ketenangan pada mereka mengenai posisi mereka yang sekarang, yaitu bahwa mereka tidak akan dengan mudahnya dirumahkan tanpa adanya alasan yang sangat kuat.

Sumber: http://www.ciputraentrepreneurship.com/

Leave a Reply