Memperbaiki Image Divisi SDM

Memperbaiki Image Divisi SDMDivisi Sumber Daya Manusia (SDM)  adalah divisi yang bertanggung jawab dalam merekrut karyawan baru. Sehingga perannya sangat besar dalam menentukan kesuksesan organisasi. Namun, ada kalanya reputasi divisi SDM begitu buruk, sehingga harus dilakukan langkah-langkah yang tepat untuk memperbaikinya.

Ada banyak sebab-sebab yang berpeluang menjadikan reputasi divisi SDM menjadi buruk, antara lain: informasi sensitif yang tersebar luas secara tidak sengaja, informasi yang tidak jelas mengenai hal-hal yang terkait dengan pekerjaan, rekrutmen yang kurang baik, kebijakan yang tidak jelas, tingkat turnover yang tinggi, hingga reward dan recognition yang kurang memadai.

Oleh karena itu, sebagai seorang pemimpin SDM yang baru saja ditunjuk, tentunya Anda harus menjelaskan mengenai isu-isu terdahulu yang tidak mengenakkan. Berikut ini, HR Solution mengungkapkan lima langkah pertama yang harus dilakukan untuk membangun kembali image divisi SDM.

1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah jujur dan bicara kepada karyawan. Ungkapkan mengenai pengalaman kegagalan di masa lalu, dan biarkan mereka tahu bahwa divisi SDM yang sekarang telah menempuh langkah yang sama sekali baru.

2. Lakukan survey kepuasan karyawan untuk melakukan evaluasi. Lakukan survey di awal, dan diikuti oleh survey setahun kemudian. Hal ini ditujukan supaya Anda mengetahui sejauh mana peningkatan yang sudah Anda ciptakan di perusahaan. Melalui survey, maka Anda juga bisa memanfaatkan feedback dan opini dari berbagai karyawan. Selanjutnya, melalui penyelenggaraan survey Anda juga akan bisa menghadirkan fakta-fakta bahwa Anda berhasil menghasilkan peningkatan.

3. Branding divisi SDM kepada karyawan. Ciptakanlah logo ataupun tagline baru bagi divisi Anda. Misalnya pada TNT adalah “Delivering More through Great People”. Branding ini membantu dalam menunjukkan hubungan antara nilai-nilai yang dianut perusahaan, engagement karyawan, kepuasan kerja, dan memberikan motivasi bagi karyawan.

4. Jadikan diri Anda dikenal oleh semua orang, atau setidaknya mereka familiar terhadap Anda. Sehingga, ketika karyawan mempunyai masalah atau pertanyaan yang terkait dengan SDM, maka mereka tidak akan ragu untuk mempercayai Anda. Ketika suatu masalah SDM muncul, maka Anda bisa jadi orang yang pertama kali tahu, bukan jadi orang yang terakhir yang mendengar dari cerita-cerita yang duluan beredar.

Melalui langkah-langkah perbaikan image yang Anda lakukan, maka kredibilitas divisi SDM akan kembali terbangun. Sehingga, karyawan dan keseluruhan organisasi akan menaruh kepercayaan pada Anda. Divisi SDM yang kinerjanya baik sangat vital perannya terhadap kondisi dan produktivitas karyawan, sehingga juga berpengaruh bagus terhadap kinerja perusahaan nantinya.

Sumber: http://businesslounge.co

Leave a Reply