Menangani Pekerja Kontrak dalam Usaha Baru Anda

Foto: gettyimages.com

Foto: gettyimages.com

Para pekerja kontrak merupakan bagian penting dalam bisnis baru. Sebagian orang sangat menikmati berbagai jenis dan aspek fleksibilitas yang dimiliki oleh pekerja kontrak. Sebagian lainnya mencari penghasilan yang lebih tinggi dan lebih terdorong oleh waktu. Para pekerja kontrak juga bekerja dengan baik saat mereka dibutuhkan untuk jangka waktu yang pendek yang tidak memungkinkan perusahaan untuk melakukan rekrutmen tenaga kerja penuh waktu yang mahal dan jarang tersedia. Apapun alasannya, pekerja kontrak perlu dipertimbangkan sebagai bagian krusial dalam sebuah usaha baru.

Berikut merupakan beberapa rekomendasi saat bekerja dengan pekerja kontrak dalam startup atau bisnis baru Anda:

  • Tetapkan ekspektasi yang jelas jika terdapat peluang kerja temporer atau permanen selama beberapa bulan atau hanya temporer dan tanggung jawab yang dibebankan, tujuan dan hasil yang ingin dicapai.
  • Pastikan bahwa pekerja kontrak ini bekerja dalam jumlah jam yang cukup per minggu selama jangka waktu yang ditentukan karena waktu yang dibutuhkan untuk bekerja dengan produktif (misalnya Anda ingin mereka setidaknya bekerja selama 15 jam per minggu selama 3 bulan)
  • Menyatukan alat-alat seperti Google Plus Hangout atau Meetings.io untuk prosesnya, terutama jika pekerja kontrak bekerja dari jarak jauh (yang sering menjadi masalah dengan pekerja kontrak)
  • Pekerja kontrak wawancara dan rekrutmen dalam cara yang sama sebagaimana anggota tim sehingga terdapat keserasian budaya perusahaan yang berkelanjutan.

Pekerja kontrak merupakan bagian penting startup dan entrepreneur akan akan belajar dengan baik bagaimana mengintegrasikan pekerja kontrak dalam struktur bisnis Anda. (*AP)

Sumber: http://www.ciputraentrepreneurship.com/

Leave a Reply