Menjadi Staf Kantor yang Handal dan Multitasking

104821298

Di era yang serba modern ini dimana kecanggihan teknologi sangat mendominasi kehidupan di semua sektor, bahkan tidak terkecuali bagi Anda yang saat ini bekerja di perkantoran.

Dengan ketatnya persaingan dalam dunia kerja, mengharuskan Anda untuk bisa memiliki nilai yang lebih baik bagi yang sedang mencari pekerjaan atau pun yang sudah bekerja sekalipun. Jika Anda tidak bisa mengikuti tantangan zaman, malah nantinya akan menyulitkan kita untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang ada.

Anda harus tetap bisa berusaha agar selalu optimis dan fokus ketika bekerja menjadi keharusan untuk meningkatkan kinerja Anda. Saat ini semua staff dituntut untuk multitasking, yaitu kita bisa mengerjakan banyak pekerjaan lainnya dengan cepat.

Tentunya saja hal itu membutuhkan tambahan skill lainnya, seperti : menguasai program tertentu, memahami sektor keuangan, kemampuan meloby, penguasaan bahasa asing dan lain sebagainya.

Ada beberapa kiat-kiat yang bisa anda lakukan untuk menjadi staff yang handal dan professional, antara lain:

1. Perluas pergaulan Anda

Semakin banyak Anda bergaul terutama di lingkungan pekerjaan akan menambah wawasan Anda. Interaksi banyak teman apalagi dalam lingkungan pekerjaan akan terjadi transfer ilmu sehingga tentunya skill anda akan bertambah. Dalam hal ini, Anda perlu bersikap terbuka dan mudah bergaul sehingga akan memudahkan interaksi itu sendiri.

Bagi anda yang bersikap tertutup dan agak pendiam, perlu usaha ekstra untuk merubah sikap itu agar lebih bisa fleksibel dimana pun dan dalam situasi apapun.

2. Tambahan wawasan anda tentang kemajuan teknolgi

Di zaman digital dan serba canggih ini, tak cukup rasanya Anda hanya bisa menguasai suatu ilmu tertentu. Usaha ini bisa Anda lakukan dengan membaca literatur yang mendukung, seperti teknologi komputer, program-program aplikasi, dan ilmu lainnya yang akan menunjang kinerja anda dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan di kantor. Bisa juga lewat diskusi serta bimbingan dari orang-orang yang ahli dibidangnya.

3. Ikuti pelatihan-pelatihan yang mendukung

Pelatihan tersebut bisa seperti pelatihan manajemen, keuangan, komputer dan lain sebagainya. Untuk hal ini memang dibutuhkan dana lebih. Hal ini tergantung pada kemampuan finansial Anda, sehingga Anda pun harus mengupayakannya bila harus disubsidi keuangan pribadi.

Anda juga bisa mengajukan ke perusahaan sebagai bentuk peningkatan kinerja para bawahan. Manfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya. Anda pun akan merasakan manfaatnya bukan saja nanti tapi saat ini juga.

4. Rajin mengikuti seminar-seminar dan forum diskusi umum

Ikuti rangkaian kegiatan bermanfaat itu seperti seminar kepribadian, diskusi umum berbagai tema kehidupan dan lain sebagainya. Selain menambah wawasan, banyak mengikuti seminar ini kita bisa langsung tanya jawab dengan para pakarnya sehingga akan menambah pengetahuan dan kematangan pribadi kita.

Hal ini tentu saja akan menunjang kesempurnaan hasil kerja Anda. Sikap kita akan makin luwes, dan enak untuk diajak bertukar pikiran untuk menuangkan ide-ide Anda.

5. Tanaman pola pikir anda pasti bisa

Hal ini pastinya akan berpengaruh terhadap bagaimana cara berpikir anda juga mengubah paradigma negatif yang selama ini justru membelenggu dan salah kaprah. Terkadang ada istilah, menyerah sebelum berperang.

Sebenarnya manusia punya potensi hanya tinggal waktu dan kemauan yang bisa mengolahnya sehingga menjadikan kita lebih ahli melakukannya. Jangan pernah Anda berpikiran Anda tak mampu melakukannya, kecuali anda belum mencoba sama sekali.

Sumber: http://tipskarir.com/

Leave a Reply