Menyejahterakan Karyawan = Meningkatkan Kinerja Perusahaan

Menyejahterakan Karyawan = Meningkatkan Kinerja PerusahaanJika karyawan Anda bahagia dan senang mengerjakan tugasnya, Anda akan mendapatkan pelanggan yang bahagia pula. Paul Spiegelman, dari Small Giants Community memberi 10 saran penting yang layak Anda terapkan dalam bisnis agar karyawan Anda bahagia.

1. Dengarkan mereka. Beri mereka kesempatan untuk bicara. Implementasikan ide-ide mereka.

2. Gajilah mereka dengan adil. Untuk membangun suasana kerja yang nyaman, Anda harus memberi kompensasi dan benefit yang layak. Tetapi Anda tak harus menjadi perusahaan dengan gaji termahal.

3. Pengakuan dan penghargaan. Jangan hanya memberi uang tunai. Setiap individu ingin merasa bernilai. Anda dapat bertanya kepada mereka tentang sistem pengakuan atau penghargaan yang mereka inginkan, atau bertanya ke rekan pengusaha yang lain tentang sistem yang tepat.

4. Tawarkan kesempatan untuk berkembang. Para karyawan juga ingin merasa diberi ruang untuk maju. Apakah mereka tahu caranya? Anda berkewajiban menunjukkan cara agar mereka dapat berkembang, misalnya menyertakan mereka dalam pelatihan dan sistem jenjang promosi yang mantap.

5. Beri nama posisi yang unik. Anda tak harus menggunakan istilah yang  sudah biasa di perusahaan lain. Cobalah kreatif dengan memberi nama jabatan yang menarik. “Resepsionis saya diberi nama Director of First Impressions dan asisten saya adalah Director of Executive Wrangling,” kata Paul mencontohkan.

6. Buatlah terobosan di tempat kerja. Misalnya, memberi sentuhan unik di tempat kerja dengan menempatkan foto, buat hari dengan busana tertentu, acara menarik atau mengajak keluarga ke pesta kantor

7. Buatlah tradisi. Anda dapat membuat ritual membawa makanan dari rumah pada Jumat dan makan bersama, atau acara rutin lain yang dapat membuat suasana kerja lebih akrab. Proses ini tak selalu langsung berhasil. Jika Anda sudah menemukan cara yang tepat, lakukan terus.

8. Bukalah hati Anda. Yakinkan mereka adalah bagian dari tim. Berbagilah kesuksesan dan kegagalan dengan tim Anda. Dengan cara ini, rasa memiliki kepada diri mereka terhadap perusahaan semakin besar. (bn)

 Sumber :  http://www.ciputraentrepreneurship.com

Leave a Reply