Pentingnya Perhatian Pada Motivasi Karyawan

motivasi2Kondisi tempat kerja yang kondusif dan penuh semangat sangat penting untuk keberhasilan bisnis. Karyawan tidak akan termotivasi, produktif atau kreatif jika semangat kerja mereka rendah. Menjaga karyawan tetap bahagia melalui pemberian motivasi positif akan berdampak pada kesuksesan bisnis perusahaan.
Seorang karyawan tidak hanya membutuhkan kualifikasi dan keterampilan,tapi juga tempat kerja yang dapat membuat mereka gembira. Alasan karyawan dalam mengerjakan suatu pekerjaan seharusnya bukan saja karena sekedar memenuhi kewajiban mereka, tapi karena memang keinginannya . Dengan demikian akan tercapai hasil kerja yang optimal.

Pemberian motivasi positif kepada karyawan akan mendorong perusahaan sampai pada tujuannya. Penting membuat tujuan perusahaan juga menjadi bagian dari tujuan karyawan.  Para atasan juga harus termotivasi jika mereka ingin meningkatkan motivasi bawahannya. Ketika atasan terlihat bekerja pada tingkat produktivitas tinggi, para bawahan akan terdorong untuk melakukan hal yang sama.

Dapat dimengerti bahwa tempat kerja tidak selalu tempat yang menyenangkan. Tenggat waktu kerja dan rapat yang seperti tidak pernah selesai dapat membuat moral menjadi turun. Sebuah program untuk membangkitkan kembali motivasi karyawan sangat diperlukan. Hal itu dapat berupa pembagian bonus, insentif, promosi dan banyak lagi.

Para Karyawan juga seharusnya mendapatkan pujian untuk setiap keberhasilannya. Hal ini bisa dilakukan mulai dari hanya pujian verbal atau dengan merayakan keberhasilan tersebut dengan makan bersama. Jika Perusahaan memiliki banyak karyawan, pujian juga dapat dibuat dalam bentuk pemilihan karyawan terbaik setiap bulan dengan bonus yang menarik. Bagaimanapun orang-orang akan bekerja lebih keras pada pekerjaan mereka jika ada sesuatu sebagai imbalan seperti bonus!

Sebuah perusahaan dengan karyawan yang bahagia akan menghasilkan output lebih baik karena karyawannya akan memberikan lebih untuk pekerjaan mereka. Sebaliknya kinerja karyawan akan menurun jika mereka merasa tidak dihargai.

Oleh: Sherri Yeary

Leave a Reply