Perlukah Mempersiapkan Karyawan yang akan Pensiun

71418033Setiap Perusahaan pastilah akan mengalami yang namanya perubahan struktur organisasi, baik karena adanya perubahan dalam suatu organisasi maupun karena adanya sumber daya manusia yang berubah. Perubahan sumber daya manusia tersebut bisa beraneka ragam, ada yang karena mengundurkan diri sehingga adanya perubahan posisi, ada juga yang karena adanya promosi/ mutasi. Selain itu perubahan lainnya dikarenakan adanya sumber daya manusia yang sudah memasuki usia pensiun.

Berbeda dengan karyawan yang akan memasuki usia pensiun tentunya HRD suatu perusahaan sudah mengetahui kapankah seorang karyawan akan berhenti bekerja dikarenakan faktor usia. Hal ini bisa di antisipasi dalam waktu yang cukup lama mungkin bisa 1-3 tahun untuk melakukan regenerasi yang ada dalam suatu perusahaan apalagi jikalu posisi tersebut sangat penting dalam suatu organisasi.

Oleh karena itu baik pihak perusahaan maupun tenaga kerja harus sama-sama mempersiapkan semuanya dengan baik. Diantaranya :

Pihak Perusahaan :
- Mempersiapkan semua hak karyawan yang akan pensiun
- Memberikan motivasi dan penghargaan atas loyalitas selama bekerja
- Mempersiapkan kandidat pengganti untuk posisi tersebut.

Pihak Tenaga kerja :
- Menyelesaikan semua pendingan pekerjaan dan serah terima tugas dengan baik dan rapih
- Menyiapkan mental agar tetap termotivasi setelah pensiun
- Mempersiapkan suatu pekerjaan yang dapat di kerjakan sendiri/ wiraswasta setelah Pensiun.
- Mengelola dengan baik benefit/ manfaat selama bekerja atau hasil Pensiun

Semua ini sangat perlu untuk disiapkan agar semuanya dapat seimbang baik dari sisi Perusahaan/ Organisasi maupun dari sisi Tenaga kerja. Dimana tujuan Perusahaan juga dapat tetap tercapai dan tenaga kerja bisa melanjutkan hidupnya dengan baik bahkan setelah memasuki usia pensiun.

Sumber: http://businesslounge.co

Leave a Reply