Pertumbuhan Ekonomi Belum Dapat Mengurangi Pengangguran

pengangguranKementerian Tenaga Kerja Dan Transmigrasi (Kemenakertrans) menegaskan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini, belum dapat menampung angkatan kerja baru dan tidak mengurangi angka pengangguran.

Direktur Jenderal Penempatan Tenaga Kerja, Kemenakertrans, Reyna Usman, saat kunjungan kerja ke Gorontalo, Sabtu, mengatakan, berkaitan dengan ketenagakerjaan beberapa isu yang sedang dihadapi memerlukan perhatian banyak pihak.

Beberapa isu tersebut antara lain, adalah kesempatan kerja yang terbatas, besarnya pengangguran terbuka, jumlah setengah penganggur yang mencapai 12,77 juta jiwa, serta jumlah pekerja paruh waktu 21,52 juta.

“Selain itu kualitas angkatan kerja relatif rendah serta hubungan industrial yang belum sepenuhnya kondusif,” kata Reyna.

Dia menambahkan, pertumbuhan ekonomi beberapa tahun terakhir ini semakin membaik dan meningkat menjadi lebih dari 6 persen.

Diharapkan pertumbuhan ekonomi di tahun 2012 tersebut, bisa lebih meningkat hingga 6,4 persen sampai dengan 6,9 persen pada tahun 2013.

“Akan tetapi lagi-lagi perlu ditegaskan bahwa pertumbuhan ekonomi ini belum bisa mengatasi masalah pengangguran,” kata Reyna.

Sumber: http://www.antaranews.com

Leave a Reply