Poin Penting Dalam Pengembangan SDM

Pengembangan SDMSebuah perusahaan pada tingkat awal haruslah memiliki visi yang nyata, teknologi atau jasa yang yang terdefinisi dengan baik. Rencana bisnis dan struktur keuangan yang baik dan tertata serta tim pendiri yang gigih juga merupakan sebuah keharusan. Akan tetapi ada satu lagi yang harus diperhatikan agar bisa mendorong sebuah perusahaan yang tidak hanya bertahan tetapi juga berkembang semakin besar dari waktu ke waktu, yaitu bagaimana mengelola sumber daya manusia yang ada. Manajemen sumber daya manusia ialah sebuah permasalahan yang rumit; peluang keberhasilannya berlipat ganda hingga ke tingkatan di mana Anda memaksimalkan modal yang berupa sumber daya manusia.

Meskipun isu pengembangan sumber daya manusia merupakan sebuah hal yang abstrak dan sulit diamati, masalah ini  memiliki arti yang krusial bagi perusahaan. Banyak yang harus dilakukan untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan terutama dengan tetap menjaga keseimbangan antara lingkungan, modal sosial, modal uang, dan sumber daya manusia itu sendiri. Jika keseimbangan tersebut tercapai maka perusahaan akan lebih kokoh dalam mengatasi tantangan.

Agar dapat memaksimalkan sumber daya manusia yang ada, Anda harus memiliki dan meningkatkan fokus terhadap poin-poin berikut ini:

Soft skills
Soft skills seperti kepemimpinan, pembuatan keputusan, penyelesaian masalah, negosiasi, komunikasi, kreativitas, dan keahlian presentasi memiliki signifikansi terhadap  semua sisi dan aspek  bisnis yang Anda jalankan. Mereka mungkin bisa memberikan energi yang berlimpah dan keeratan di antara semua anggota perusahaan. Soft skills  merupakan batu pijakan menuju sukses. Ia memungkinkan kita untuk memimpim orang dengan cara yang efektif.

Tim manajemen
Keberhasilan akan terasa lebih aman jika disertai dengan tim manajemen yang berpengalaman. Anda tidak sebaiknya berjudi dengan kemampuan Anda dan mereka yang menjadi pendiri bisnis untuk menumbuhkan perusahaan pada tingkat yang optimal melalui tingkatan perusahaan yang berbeda .

Sistem manajemen bakat
Berfokus pada permasalahan semacam sistem sumber daya manusia, budaya perusahaan, pengajian, pemeliharaan dan pemberian motivasi pada pekerja, proses transfer pengetahuan dan sebagainya memungkinkan Anda untuk menuai kreativitas dari bakat yang Anda miliki. Orang  menanggalkan atau kehilangan motivasi pada waktu yang berbeda-beda. Tanpa adanya sebuah penerapan sistem yang tepat, Anda bisa bisa terus menerus membuat kesalahan yang sama dari waktu ke waktu.

Ketiganya merupakan sebuah rangkaian utuh dan terintegrasi satu sama lainnya. Kegagalan dalam menciptakan keseimbangan di antara ketiganya akan menghambat perjalanan Anda menuju sukses.

Sumber: http://seputarartikelbisnis.blogspot.com

Leave a Reply