Profesi Ter-‘Seksi’ Abad 21

profesi terseksiHarvard Business Review menobatkan profesi ini sebagai profesi paling dicari di abad ini. Profesi apakah itu?

Di tahun 90-an, sarjana informatika dan ahli keuangan adalah profesi yang paling “hot”. Kini, ilmuwan data atau data scientist adalah ahli yang paling dicari. Dengan jumlah data yang semakin meningkat untuk dikelola, permintaan akan para ahli ini jauh melebihi kesediaan tenaga kerja yang ada. Perusahaan-perusahaan besar seperti LinkedIn dan Facebook bahkan merasa amat terancam dengan situasi ini hingga mereka membentuk tim khusus untuk menarik data scientist ke portofolio perusahaan-perusahaan mereka.

Mengapa para ilmuwan data ini penting? Mereka penting karena tugas mereka adalah mewujudkan kesempatan-kesempatan yang terkubur dalam data yang dimiliki perusahaan. Mereka bertugas membuat struktur atas data tersebut, menemukan pola yang menarik darinya, dan memberi masukan kepada para eksekutif akan makna dari pola data tersebut bagi produk, proses dan keputusan yang dibuat perusahaan. Mereka menemukan cerita yang terkubur dalam data dan mengkomunikasikannya.

Itu cerita dari Amerika. Bagaimana menurut Anda? Apakah profesi data scientist juga akan menjadi ‘seksi’ di Indonesia? Apakah perusahaan Anda akan membutuhkan talent seperti ini?

Oleh HRD Helper Network

Leave a Reply