Profil HRD : Muhammad Abdillah

Profil Member HRD Helper Network

Profile Member HRD Helper Network. Muhammad Abdillah, 30 tahun, salah satu member HRD Helper Network yang berkecimpung di bidang HRD dari tahun 2008. Saat ini bekerja sebagai Marketing Manager div. Human Capital & Training di Smart Personality Consulting.

Nama                        : Muhammad Abdillah, S.Psi
Usia                          : 30 Tahun
Jabatan saat ini      : Marketing Manager div. Human Capital & Training di Smart Personality Consulting

 

Sudah berapa lama berkecimpung di bidang HRD?
Saya berkecimpung didunia HRD sejak tahun 2008 diawali dibagian Recruitment salah satu perusahaan Pembiayaan/Finance sepeda motor jepang terbesar di Indonesia selama 1 Tahun. Setelah itu saya pernah pula berkecimpung di Klinik Ginjal, Perusahaan Shipping & Forwarding, Kontraktor PLN untuk pembangunan PLTU sampai yang terakhir di bidang Konsultan dimana kesemuanya masih sebagai HRD dengan variasi jabatan yang pernah saya emban.

Apa saja suka duka bekerja di bagian HRD?
Suka Duka dalam bidang HRD sangat banyak diantaranya kita harus menjadi jembatan antara Perusahaan dengan Karyawan dimana kita harus menjadi penghubung yang baik yang mampu menyerap aspirasi keduanya dan menghasilkan kebijakan yang sebaik-baiknya. Duka dalam bidang HRD adalah kita harus selalu memperhatikan jenjang karir karyawan, lalu siapa yang akan memperhatikan jenjang karir karyawan HRD itu sendiri? selain itu masih banyaknya Perusahaan yang tidak mempedulikan SDMnya dan menganggap HRD hanyalah bagian dari Administrasi (Personalia) hingga yang terparah ada Perusahaan yang menganggap bahwa HRD merupakan sumber Cost (Biaya). Yang menyenangkan dalam bidang HRD itu sendiri adalah HRD merupakan tempat yang paling banyak ilmunya, sebagai contoh dalam HRD terdapat Training & Development dimana dalam penyusunan tersebut kita harus langsung mengenali bisnis proses suatu departemen. Kita harus menyusun Job Desk seluruh departemen, membuat ukuran Performa Kinerjanya dan banyak hal lain yang telah saya pelajari dalam bidang ini.

Kegiatan apa yang biasanya dilakukan di waktu luang?
Diwaktu luang saya tetap berusaha bersikap adil kepada keluarga (family time) dengan melakukan hal positif.

Cita-cita apa yang belum tercapai?
Cita-cita yang belum tercapai saya saat ini adalah mendirikan sekolah atau yayasan pendidikan yang Gratis bagi anak yang tidak mampu dan dapat berbagi kepada sesama.

Nasihat atau masukan yang bisa diberikan bagi para calon praktisi HR?
Nasehat saya bagi rekan-rekan yang baru berkecimpung dibidang HRD, jangan terlalu naif terhadap pekerjaan yang anda lakukan dan hasil yang ingin anda dapatkan karena itu semua tetaplah harus melewati suatu proses. Fakta yang sering saya hadapi adalah banyak Gen Y sekarang ingin segera mencapai sesuatu secara instan (emang bikin mie rebus hehe…) dan juga lebih tidak tahan terhadap ujian maupun godaan yang datang baik karena faktor internal dan eksternal. Dalam perusahaan seorang HRD haruslah mampu menyerap dan menyaring informasi yang masuk terutama jika sudah berbicara mengenai karir seseorang di perusahaan, karena masa depan karyawan dan perusahaan ada pada keputusan yang anda buat saat itu.

Ingin berbagi pengalaman Anda dan ditampilkan di HRD Helper Network? Silakan kontak kami di hrdhelper(at)gmail.com.

One Response to Profil HRD : Muhammad Abdillah

  1. dila646 dila646 says:

    Melalui HRD Helper saya berharap rekan-rekan dapat sharing dan berbagi dengan kami. Untuk kontak lebih lanjut dengan saya dapat melalui WA di 08561058122 atau email ke abdillah@smart-personality.com. see you.

Leave a Reply