Rahasia Memimpin Jack Welch

6a00d8341bf89d53ef0147e13283a8970b-500wiSeorang pemimpin akan menjadi inspirasi bagi banyak orang, setidaknya anggota tim mereka sendiri, sedangkan seorang manajer akan banyak berbicara tentang proses dan prosedur, dan hal ini cenderung cukup mengganggu orang-orang yang ada.  Pemimpin akan menciptakan pemimpin lainnya, sehingga akan saling menguatkan, menyenangkan dan menginspirasi orang lain lebih banyak lagi, bukan sebaliknya melemahkan, menekan dan mengendalikan orang-orang.  Jack Welch berpendapat bahwa tugas seorang pemimpin adalah :

1.  Menciptakan visi dan menyalakannya untuk membakar semangat organisasi demi terwujudnya visi tersebut.  Pemimpin akan mendorong orang untuk bersemangat, berkompetisi dan bergembira mencapai keberhasilan.

2.  Pemimpin akan berfokus pada isu strategik.  Mempelajari kondisi pasar, memahami sumber daya yang diperlukan dan bertaruh untuk keberhasilan.

3.  Pemimpin tidak mengelola hal-hal kecil.  Anda cukup memberi inspirasi kepada orang lain untuk melaksanakan visi tersebut.  Berikan kepercayaan kepada orang disekitar Anda sehingga mereka akan berkontribusi maksimal.

4.  Pemimpin akan melibatkan setiap orang dan menyambut ide-ide besar.  Setiap orang dapat menjadi pemimpin sepanjang dapat berkontribusi.  Dan cara berkontribusi yang paling bermanfaat adalah datang dengan ide-ide terbaik.  Adalah sederhana dan sangat penting bagi organisasi untuk mengemukakan ide dan menciptakan visi.

5.  Memimpin dengan Keteladanan.  Sebagai pemimpin Anda harus memberikan contoh praktek.  Dan Jack Welch menguasai 4E dalam memimpin yakni Energy, Energize, Edge, Execution.

Dalam kepemimpinan agar berhasil diimplementasi, maka Jack Welch memiliki beberapa aturan yang perlu Anda pahami lebih lanjut yakni :

1.  Kendalikan Nasib Anda.  Anda adalah yang membuat perjalanan karir, sehingga akan melihat dan merasakan apakah perjalanan ini merupakan sebuah ujian yang sangat sulit atau sebuah tantangan waktu yang harus dilewati.  Inilah hakikat Anda mengendalikan Nasib sendiri.

2.  Menghadapi Kenyataan sebagaimana mestinya.  Ketika kenyataan tidak seperti yang Anda inginkan, maka hadapi dengan semestinya, tidak perlu berlaku berlebihan atau kontraproduktif.  Keadaan tidak selalu seperti keinginan Anda.

3.  Jujur kepada setiap orang.  Tidak perlu melihat siapa yang tengah dihadapi, namun sikap dan perilaku jujur adalah fundamental keberhasilan kepemimpinan Anda.

4.  Jangan Mengelola namun Memimpin.  Berikan banyak wewenang dan tanggung jawab kepada masing-masing orang Anda, sehingga lebih mudah tercipta pemimpin lainnya dan akan saling menguatkan organisasi Anda.

5.  Berubah, sebelum Anda dipaksa berubah.  Keadaan akan selalu berubah, maka selalu siapkan diri Anda menghadapi perubahan.

6.  Jangan Berkompetisi jika Anda tidak Kompetitif.  Yakin dengan kemampuan Anda dan pastikan Anda akan mampu menghadapi sebuah kompetisi, maka terjunlah dalam pertarungan tersebut.

Rahasia Jack Welch dalam Kepemimpinan, yang pertama adalah Memimpin bukan Mengelola.  Dengan memimpin Anda akan sanggup mengelola banyak hal, dan setiap detil yang tidak terkontrol langsung akan berjalan sesuai dengan proses seharusnya.

Sumber: http://ikhtisar.com

 

 

Leave a Reply