Screening Wawancara Telepon: Praktik Terbaik

telepon2Ada banyak alasan yang berbeda perusahaan dapat memilih untuk menyeleksi pelamar pertama kali melalui telepon. Lokasi pelamar yang jauh dari perusahaan, jadwal kantor yang terlalu padat atau staf HR sedang tidak berada di kantor. Metode ini juga bisa membuat proses wawancara lebih efisien, karena pelamar yang tidak memenuhi syarat akan dihapuskan dengan cepat dari daftar. Jika Anda harus berbicara dengan seorang pelamar melalui telepon, berikut adalah beberapa tips bagus yang dapat dicontoh.

Pastikan bahwa pelamar mencantumkan nomor telepon yang dapat dihubungi pada lamaran atau CV mereka. Dengan demikian Anda dapat membuat panggilan kapanpun ke mereka untuk melakukan atau menjadwal waktu wawancara. Jika belum dapat dihubungi, pastikan Anda meninggalkan pesan melalui  voice record, sehingga pelamar dapat menghubungi Anda kembali jika mereka menginginkannya.

Sebelum Anda melakukan wawancara melalui telepon, pastikan pelamar mengetahui berapa lama wawancara akan dilakukan, berapa banyak orang akan mendengarkan,  atau waktu wawancara jika itu tidak dapat dilakukan pada kesempatan pertama melalui telepon. Setelah wawancara dilakukan, Anda dapat mengevaluasi segera hasilnya untuk menentukan apakah si pelamar dapat maju ke tahapan berikutnya (wawancara langsung di kantor) atau dihapus dari daftar pelamar.

Diterjemahkan dari artikel pada http://www.hrresource.com

 

Leave a Reply