Seminar SDM Club Edisi-5

SDMC5Menjelang kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) di tengah tahun 2013 ini, beberapa isu menyeruak. Isu-isu ini melahirkan kecemasan di kalangan masyarakat dan menimbulkan berbagai pendapat muncul di media massa. Lalu apa kaitan antara kenaikan BBM dengan SDM? Kaitan yang jelas adalah dengan adanya isu mengenai kenaikan BBM, SDM di perusahaan kita akan terseret di dalam kecemasan kumulatif dari lingkungannya dan tanpa disadari oleh perusahaan, wujud dari kecemasan tersebut adalah munculnya perilaku-perilaku yang tidak terduga. Perilaku ini di antaranya: turunnya integritas SDM terhadap tanggung jawabnya, berkeluh kesah atau pesimisme melalui saluran grapevine, atau yang terburuk adalah burn out.

Perilaku tersebut dapat muncul, meskipun perusahaan berpikir telah menanamkan budaya “juara” di lingkungannya, karena perilaku ini unexpectable. Namun begitu, seandainya perusahaan peka didalam menanggapi isu-isu yang terjadi baik di luar dan di dalam lingkungan kerja, maka perilaku karyawan yang tidak terduga sekalipun dapat dicegah dan dikelola sebagaimana mestinya.

Sesi SDM Club V kali ini akan membahas mengenai beberapa hal sebagai berikut ini:

  • Mengenali tipe-tipe employee unexpected behavior
  • Mengenali beberapa langkah untuk mengatasi employee unexpected behavior
  • Do’s and Donts dalam mengatasi employee unexpected behavior
  • Menyesuaikan antara langkah penyelesaian tersebut dengan budaya yang sudah ada

Diskusi mengenai “Dealing With Employee’s Unexpected Behavior” merupakan perihal yang patut untuk dibahas secara komprehensif di seminar SDM Club V mengingat selain adanya isu BBM yang sedang ramai diperbincangkan, perlu disadari bahwa pada bulan Juli – Agustus adalah momentum bagi seluruh SDM yang memiliki isu pengulangan tahunan, yakni masa tahun ajaran sekolah.

Seringkali, SDM akan mengalami demotivasi di lingkungan kerja di saat dirinya menghadapi permasalahan yang berasal dari lingkungan rumah tangga. Meskipun aspek yang diangkat adalah individual, keuntungan bagi perusahaan yang dapat mengenali employee unexpected behavior, adalah perusahaan dapat mengambil langkah intervensi keperilakuan yang custom made demi mempertahankan produktivitas untuk mencapai tujuan perusahaan.

Pembicara
Fasilitator SDM Club Edisi V adalah Dr. Anita Maharani, dosen Program Studi Manajemen Universitas Paramadina dan juga sebagai praktisi bisnis milik keluarga di Jakarta yang bergerak di bidang kuliner. Peserta diharapkan dapat berbagi ide dan mendapatkan pengalaman-pengalaman dari keikutsertaan di SDM Club kali ini.

Waktu Pelaksanaan Kegiatan
Jum’at, 5 Juli 2013
13:30 – 17:00 WIB

Lokasi
Ruang Sevilla-Toledo, Paramadina Graduate Schools (in partnership with Medco Foundation)
The Energy Tower, 22nd Floor
Jl. Jenderal Sudirman Lot 11 A, Sudirman Commercial Business District (SCBD), Jakarta

Investasi
Investasi senilai Rp. 50.000,- dapat ditransfer ke rekening berikut:
Mandiri a.n Hadi Sadikin Rachmat 132 000 637 8534

Untuk informasi lebih lanjut, konfirmasi pendaftaran dan pembayaran dapat menghubungi Hadi di 0878 230 53011 atau hadisadikin@gmail.com

It is the rightest time to learn how to retain employee’s best performance! Remember… Opportunity never knock twices, Join us in Seminar SDM Club V!

Leave a Reply