Tips Agar Karyawan Mematuhi Peraturan Perusahaan

171327153

Apakah karyawan Anda sering melanggar peraturan perusahaan? Berikut hal-hal yang dapat dipertimbangkan agar penerapan peraturan perusahaan berjalan efektif:

  1. Kesejahteraan karyawan. Pastikan bahwa karyawan memahami bahwa memahami peraturan perusahaan penting artinya bagi peningkatan performa perusahaan dan pada akhirnya, kesejahteraan karyawan itu sendiri. Komunikasikan hal ini dengan baik dan dengan cara yang dapat diterima oleh karyawan Anda.
  2. Partisipasi karyawan. Adalah amat baik jika karyawan dilibatkan dalam proses pembuatan peraturan perusahaan. Keterlibatan mereka akan menumbuhkan rasa memiliki yang berujung pada tingkat kepatuhan peraturan tersebut.
  3. Ketegasan reward & punishment. Apresiasi dan hukuman (reward & punishment) yang terkait dengan masing-masing peraturan harus jelas dan ditegakkan. Jangan sampai ada karyawan yang melanggar namun dibiarkan atau sebaliknya, karyawan yang menaati peraturan tidak diapresiasi. Hal ini akan menumbuhkan kecemburuan dan ketidakpuasan antara karyawan.
  4. Keteladanan pemimpin. Guru kencing berdiri, murid kencing berlari, demikian kata pepatah. Pada akhirnya, pemimpin harus memberi keteladanan yang baik bagi anak buahnya, termasuk dalam mematuhi peraturan yang telah disepakati.

Anda memiliki tips lain yang terbukti efektif membuat karyawan mematuhi peraturan perusahaan? Silakan berbagi dengan kami!

Leave a Reply