Tips Membangun Kebersamaan Tim di Tengah Tekanan Krisis

Tips Membangun Kebersamaan Tim di Tengah Tekanan KrisisKrisis ekonomi yang sedang terjadi dalam suatu perusahaan tentu menimbulkan semacam tekanan baik bagi perusahaan maupun orang-orang yang berkecimpung di dalamnya. Jika tekanan krisis ini tidak ditangani dengan baik, maka dapat mengganggu keharmonisan tim dalam lingkungan kerja. Berikut ini adalah beberapa tips bagi pemimpin dalam membangun kebersamaan tim di tengah tekanan krisis.

Diskusi Rutin
Diskusi rutin dengan tim menjadi suatu kebutuhan yang penting, karena selain membangun komunikasi dan kebersamaan tim, juga membantu meningkatkan kinerja tim. Dalam kondisi seperti ini, pemimpin juga dapat mengajak anggota tim untuk bersama mengambil keputusan. Pertimbangkan feedback dari tim, sehingga mereka merasa punya keterlibatan yang penting.

Team Building/Gathering
Meskipun tim bertemu sehari-hari di kantor, namun pertemuan informal juga tetap perlu. Pertemuan informal dalam bentuk team building/gathering ataupun outbound akan mampu mempertemukan masing-masing anggota tim dalam kondisi yang lebih santai dan terlepas dari pekerjaan. Gathering akan membantu tim untuk lebih saling memahami kepribadian satu sama lain, sehingga dapat bermanfaat ketika nantinya kembali bekerjasama di kantor. Hubungan yang dekat dengan rekan kerja juga akan memungkinkan mereka untuk sharing masalah, sehingga bisa saling membantu dan meringankan beban satu sama lainnya.

Bangun Sikap Positif
Pemimpin harus menjadi role model dalam organisasi. Oleh karena itu, pemimpin yang perlu untuk mempelopori sikap positif dalam segala hal. Ketika seluruh organisasi merasakan penurunan semangat ataupun pesimis saat krisis, maka pemimpinlah yang perlu berdiri di depan dan mendorong sikap positif. Rancang masa depan dengan baik, dan pimpin tim dalam mengatasi tekanan yang terjadi.

Tingkatkan Komunikasi
Komunikasi adalah kunci yang menunjang keharmonisan tim. Melalui komunikasi yang baik, maka pemimpin tim akan memahami seluk-beluk tim, mulai dari kekuatan, tantangan, hingga masalah-masalah yang menimpa anggota tim. Bangun komunikasi yang terbuka, sehingga anggota tim tidak sungkan dalam mengemukakan pendapatnya.

Demikian adalah 4 tips bagi pemimpin dalam membangun kebersamaan tim di tengah tekanan krisis. Mungkin terdengar sederhana dan mudah, namun kenyataan tidak semudah itu. Mewujudkan kebersamaan dalam tim perlu kerja keras dan komitmen yang kuat dari pemimpin. Semoga sukses!

Sumber: http://businesslounge.co

Leave a Reply