Tips Mendapatkan Kebahagiaan Dalam Karir

130112712

foto: gettyimages.com

Tidak semua karyawan bisa merasakan kebahagiaan dalam karir mereka. Pekerjaan yang terlalu berat atau justru kurang tantangan yang membuat pekerja merasa kurang mendapatkan kepuasaan.

Kunci untuk mendapatkan kebahagiaan dalam berkarir adalah realistis tentang bagaimana dapat mengelola karir mereka. Untuk membantu Anda menemukan kebahagiaan dalam berkarir, berikut ini beberapa tipsnya seperti dikutip Ivillage:

1. Jangan Terlalu Terobsesi
Juni Gruber, Asisten Penulis “A Dark Side of Happiness? How, When and Why Happiness is Not Always Good,” menemukan bahwa pekerja yang sibuk dengan kenikmatan karirnya sebenarnya tidak puas dengan pekerjaan mereka ketimbang pekerja yang hanya berkonsentrasi terhadap aspirasi karir mereka. Studi yang dilakukan Gruber itu juga menemukan, semakin banyak orang berusaha untuk mendapatkan kebahagiaan, semakin besar pula kemungkinan mereka menjadi kecewa dan tidak puas dengan pekerjaan mereka.

2. Harus Spesifik dan Jelas
Menurut Steve Langerud, Direktur Profesional di DePauw University, salah satu cara yang paling penting bagi seorang karyawan untuk dapat mengontrol kebahagiaan karir mereka adalah dengan cara memiliki visi yang ringkas dan jelas untuk masa depan mereka. Seorang karyawan juga harus spesifik mengetahui apa yang mereka inginkan dari sisi pekerjaannya, termasuk lokasi kantor, dan sebagainya. Mengembangkan sebuah rencana yang ingin dikerjakan, juga akan membantu para karyawan lebih fokus terhadap apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

3. Melibatkan Orang Terdekat
Langerud mengatakan bahwa karyawan yang melibatkan keluarga, teman dan rekannya dalam mengambil keputusan, sering kali lebih bahagia ketimbang mereka yang merasa harus mengambil keputusan sendiri. Selain itu, penting juga untuk melibatkan supervisor. Seorang profesional harus berbicara dengan pengusaha tentang bagaimana mereka dapat berkontribusi untuk kesuksesan suatu organisasi.

4. Bergairah
Menurut Peter Ubel, profesor kedokteran di University of Michigan, hubungan antara uang dan kebahagiaan itu relatif kecil. Karyawan yang memilih pekerjaan berdasarkan gaji besar, sering kali tidak segembira orang yang mengikuti jalur karir berdasarkan yang mereka sukai. Memilih profesi hanya berdasarkan uang dapat menjadi salah satu keputusan terburuk yang diambil.

Meski uang sangat penting untuk bisa melanjutkan hidup, namun penghasilan yang besar bukan segalanya. Sebuah studi 2004 yang dilakukan oleh Forbes menemukan bahwa orang bahagia sebenarnya cenderung memiliki pendapatan yang lebih tinggi di kemudian hari. Jadi sebenarnya, ketika kita telah mendapatkan kebahagiaan maka pekerjaan yang dijalani atas dasar cinta, sehingga mendapatkan karir yang bagus dengan gaji yang lumayan besar bisa Anda terima. Kunci dari semuanya adalah bisa bahagia dalam karir.

Sumber: http://wolipop.detik.com

Leave a Reply