Tips Mengelola Bonus Akhir Tahun

83590515

Foto: gettyimages.com

Menjelang akhir tahun, banyak perusahaan yang memberikan reward atau berupa penghargaan berupa bonus akhir tahun. Ada beberapa cara untuk menyiasati bonus ini agar tetap bisa produktif :

  1. Kepastian adanya bonus. Hal ini penting agar kita bisa merencanakan hal-hal bermanfaat dalam membelanjakan bonus ini. Juga untuk menghindari pembelanjaan uang sebelum mendapat bonus.
  1. Mendahulukan kewajiban membayar zakat. Saat menerima bonus, segerakan untuk mengeluarkan kewajiban membersihkan harta sebelum mendistribusikan bonus ini untuk hal-hal lain.
  1. Mendahulukan membayar hutang. Bila kita masih memiliki saldo hutang , maka tidak ada alasan untuk tidak membayar lunas hutang ini. Percuma saja kita menginvestasikan uang bonus namun masih memiliki hutang. Bukannya untung yang anda dapat, bisa-bisa buntung bila nilai investasi turun, dan hutang kian menumpuk.
  1. Rumus 70-20-10 untuk tujuan keuangan. Bonus akhir tahun dapat diinvestasikan untuk menambah saldo target dana untuk beberapa tujuan keuangan anda. Sebagai patokan umum, prioritaskan investasi bonus untuk dana pendidikan anak atau dana pensiun. Rumus 70-20-10 artinya 70% untuk keperluan sehari-hari, 20% untuk investasi dan 10% untuk amal. Namun untuk uang bonus, alokasi terbesar sebaiknya untuk investasi, 20% untuk amal dan 10% untuk keperluan kita.
  1. Buat dana darurat. Apabila jumlah dana darurat ideal yang harus kita miliki masih kurang maka jadikan bonus ini sebagai solusi untuk meningkatkan saldo. Prioritaskan untuk kebutuhan jangka pendek. Apabila kebutuhan primer akan jatuh tempo di bawah 6 bulan, maka prioritaskan penggunaan bonus akhir tahun untuk ini.
  1. Rencanakan liburan. Kita sudah bekerja keras selama setahun. Tentunya kita perlu mendapatkan reward atas hasil usaha tersebut. Jangan lupa untuk menyenangkan diri sendiri dan menggunakan bonus untuk melakukan kegiatan yang kita senangi. Bonus ini bisa dipakai untuk berbelanja barang konsumsi yang sedikit lebih mahal, bisa dipakai untuk liburan bersama keluarga atau teman, atau pun dipakai untuk memenuhi hobi

Sumber: http://rossymirasari.wordpress.com

Leave a Reply