Tips Mengembangkan Karyawan Lebih Berprestasi

Tips mengembangkan karyawan agar lebih berprestasiBerbicara masalah leadership memang sepertinya tidak akan ada habisnya. Selalu saja ada yang mengundang kita untuk membicarakan masalah kepemimpinan. Mulai dari Skill, karakter sampai dengan tugas dan tanggung jawab seorang pemimpin.

Salah satu tugas dan tanggung jawab seorang pemimpin adalah membuat karyawan lebih baik dalam pekerjaan mereka. Anda mengenal, mendidik, dan berbicara dengan mereka. Itulah salah satu tugas Anda, karena manusia adalah aset terbaik dalam perusahaan.

Seperti apa yang dikatakan oleh Jack Welch dalam buku The Jack Welch Secret by Stuart Crainer “Kami mempertaruhkan semuanya di dalam diri para karyawan – memberdayakan mereka, memberi sumber daya dan tidak menghalangi mereka.”

Apakah Anda setuju bahwa seorang pemimpin harus mempunyai kemampuan untuk mengembangkan dan mengarahkan tim? Mereka yang menghasilkan produk dan Andalah yang mengarahkannya. Jika Anda tidak berusaha mengembangkan mereka, maka sebenarnya Anda tidak meningkatkan potensi perusahaan yang terbesar. Berikut tips mengembangkan karyawan lebih berprestasi:

1. Mulailah dengan menganalisa & mengetahui kebutuhan karyawan Anda.

Menganalisa & mengetahui kebutuhan karyawan Anda adalah hal pertama yang harus dilakukan untuk menentukan apa yang dibutuhkan karyawan Anda agar mereka dapat melakukan pekerjaannya dengan baik, yang akhirnya juga akan berujung pada prestasi karyawan yang membanggakan.

2. Pelatihan untuk pengembangan karyawan.

Pada umumnya manager akan dengan cepat memutuskan untuk mengadakan pelatihan jika diketahui adanya kesenjangan kinerja antara atasan dengan bawahan. Buatlah program pelatihan yang cocok dan luangkan waktu untuk mengembangkan karyawan Anda. Ingat mendidik generasi pemimpin dalam perusahaan memang memerlukan energi, pikiran dan waktu Anda.

3. Beritahu yang harus dikerjakan

Mengharapkan karyawan berprestasi, seorang manager atau atasan tidak bisa hanya dengan memberikan modul / panduan kerja. Seorang manager juga perlu memberitahu dan mengingatkan apa saja yang harus dilakukan dalam pekerjaan mereka. Jangan pelit untuk berbicara, beritahu mereka apa yang harus dilakukan!

4. Lead by example

Mulailah dari diri Anda. Berikan teladan dan contoh yang baik kepada karyawan Anda. Ingat hal ini akan sangat membantu proses pegembangan mereka.
Remember! Seorang pemimpin harus bisa menjadi contoh dan mendorong karyawan untuk lebih berprestasi.

Sumber: http://id.jobsdb.com

Leave a Reply