Tips Menghadapi Pelecehan Seksual di Kantor

tips menghadapi pelecehan seksual di kantorPelecehan seksual bisa saja terjadi di manapun, termasuk di lingkungan kerja. Tentu saja tak ada seorangpun yang rela dilecehkan, sehingga ketika mengalami situasi tersebut orang kerap memutuskan untuk keluar dari kantor. Namun, perlu Anda ketahui bahwa lari dari suatu masalah bukanlah solusi yang baik. Seperti dilansir oleh idiva, berikut ini beberapa tips untuk mengatasi pelecehan seksual di kantor.

1. Mempertahankan Imej Profesional
Berusaha untuk mempertahankan imej atau citra profesional. Kenakanlah busana yang rapi dan terhormat ke kantor sehingga Anda tidak mengundang perhatian rekan kerja yang ‘jahil’. Memang setiap wanita ingin tampil cantik dan sempurna dengan memamerkan bentuk tubuh yang ideal, namun alangkah baiknya jika mengenakan busana yang pantas dan rapi. Dengan begitu orang lain juga tak akan berani melecehkan.

2. Tegas dan Percaya Diri
Seorang pengganggu dan yang suka melecehkan biasanya kerap senang menyakiti orang lain. Jadi senjata terbesar yang dibutuhkan adalah kekuatan. Jangan sampai menangis dan menyerah saat diancam oleh orang-orang tersebut. Memang wajar jika merasa tertekan dengan perlakuan mereka, namun jika menunjukkan bahwa diri Anda lemah dan rentan, mereka justru akan memanfaatkan kelemahan tersebut. Oleh karena itu Anda harus yakin, percaya diri dan tegas memberitahu mereka untuk tidak memperlakukan Anda seperti itu lagi.

3. Jangan Mengumbar ke Banyak Orang
Ketika Anda menjadi korban pelecehan oleh seorang rekan kerja di kantor, mungkin hal yang ingin dilakukan adalah melaporkan perbuatannya itu pada seluruh rekan kantor. Tapi hati-hati, hal tersebut justru bisa menjadi bumerang apalagi jika si pelaku punya pengaruh besar di kantor dan Anda pun tidak punya bukti pelecehan yang dilakukannya. Yang terjadi, masalah bisa lepas kendali dan karir Anda bisa terancam berakhir. Jika mengalami pelecehan seksual, cukup ceritakan pada teman dekat atau atasan yang punya wewenang menegur dan memberi sanksi terhadap karyawan yang berperilaku menyimpang.

4. Membuat Catatan Tertulis
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pelecehan seksual dengan membuat catatan tertulis mengenai pelecahan yang dilakukan si pelaku kepada Anda. Catatlah tanggal dan waktu kejadiannya secara lengkap. Anda juga perlu mencatat identitas pelaku, lokasi kejadian dan perilaku serta ucapan si pelaku. Hal ini untuk menguatkan laporan ke bagian personalia, lembaga bantuan hukum atau kepolisian, jika memang kasus ini perlu dibawa ke jalur hukum.

5. Membina Tim
Ketika upaya secara individu gagal untuk menegaskan kepada si pelaku untuk tidak melakukan pelecehan terhadap Anda, sebaiknya Anda membina satu tim dengan rekan kerja terpercaya. Dengan begitu ketika si pelaku mulai ingin melecehkan, Anda memiliki beberapa saksi yang juga bisa membantu Anda keluar dari situasi tersebut.

Sumber: http://wolipop.detik.com

Leave a Reply