Tips Mudah Mengatasi Sindrom ‘I Hate Monday’

Sindrom ‘I Hate Monday‘ kadang mulai muncul pada minggu malam atau di akhir weekend Anda dan akan semakin memuncak di Senin pagi harinya. Sindrom ini muncul karena perbedaan loadpekerjaan yang kontras di hari sabtu-minggu dan hari senin. Pada hari sabtu-minggu, Anda dimanjakan oleh suasana santai dan waktu yang longgar, sedangkan di har senin Anda dikejar target pekerjaan yang berat. Berikut ini adalah tips mudah mengatasi sindrom ‘I Hate Monday‘ agar Anda lebih ceria dan produktif di hari Senin:

1. Bangun Lebih Pagi. Menurut Darmawan, konsultan karir dari Iradat Konsultan, “Bangun lebih pagi memungkinkan Anda melakukan aktvitas yang memompa semangat, berolah raga ringan -seperti jogging 15 menit sebelum mandi- atau dandan secantik/secakep mungkin. Kalau Anda tampil good looking akan memunculkan percaya diri Anda untuk kembali berinterkasi dengan rekan kerja Anda”. Karena kalau Anda telat bangun, semuanya jadi serba terburu-buru dan bisa membuat Anda mudah lupa sesuatu. Akibatnya, mood Anda jadi buruk seharian.

2. Rencanakan Pekerjaan. Biasanya karena masih weekend-leg, Anda sampai tidak tahu apa yang harus dikerjakan duluan begitu tiba kantor pada hari senin pagi. Hal ini bisa dihindari dengan cara merencakan kerja (to-do-list-jobs) sebelum liburan akhir pekan. Catatlah kegiatan apa saja yang akan lakukan dalam agenda Anda. Jangan terlalu ambisisus, sebaiknya dahulukan pekerjaanyang mudah, sehingga Anda termotivasi untuk menyelesaika pekerjaan sesuai dengan rencana. Karena salah satu sebab yang membuat sindrom itu muncul adalah ‘sambutan’ tugas berat di hari senin pagi. Cobalah untuk menghindari mengadakan rapat koordinasi dan rapat kerja di hari senin -karena efek weekend leg otak Anda seringkali seret mengeluarkan ide-ide segar. Lebih baik Anda mengatur rapat pada hari selasa atau rabu.

3. Optimalkan Weekend Anda. Menikmati weekend yang menyenangkan akan membuat Anda lebih segar di hari senin. Maesi Anda cukup menikmati weekend pada sabtu-minggu, pastikan Anda cukup istirahat. Hindari terlalu lelah saat liburan weekend. Beri kesempatan tubuh untuk re-charge energi Anda. Selama weekend, usahakan agar Anda jangan memikirkan pekerjaan terlebih dulu. Sebaliknya, kalau saat weekend, masih Anda pergunakan untuk bekerja -dengan maksud untuk mengurangi load kerja di hari senin- maka Anda justru membuat weekend berharga Anda menjadi mubazir, dan seperti diduga di senin pagi, Anda akan menikmati sindrom ‘I Hate Monday‘ tersebut.

4. Tampil Beda. Sudah pada kodratnya manusia tercipta untuk menyukai barang-barang baru. Parfum dan sepatu kerja baru pasti bikin Anda lebih bersemangat kerja. Tidak perlu heboh, namun pikirkanlah hal-hal yang sederhana saja, misalnya memamerkan stocking atau cat kuku yang baru ke kantor. Sebenanrnya tidak perlu selalu dengan barang yang baru, Anda bisa juga memadupadankan baju agar penampilan Anda lebih keren. Pilihlah warna-warna cerah yang konon mamu membuat suasan hati ikut ceria.

5. Ciptakan Motivasi Diri. Buat motivasi diri Anda sendiri, misalnya setelah hari senin berakhir, Anda merencanakan hang-out bersama pacar, nomat (nonton hemat) atau clubbing bersama teman-teman kantor. Atau cari seseorang rekan kerja yang cantik -yang Anda merasa nyaman ngobrol dengannya- di kantor Anda sebagai penyemangat berangkat kerja ke kantor.

Sumber: http://tipsanda.com/

Leave a Reply