Training : Fundamental Soft Skill

Seminar/Training Description :
Setiap orang tentu ingin selalu memajukan diri dan meraih keberhasilan-keberhasilan serta kebahagiaan dalam hidupnya. Dan setiap orang dikarunia potensi dan kesempatan untuk itu. Namun pada kenyataannya tidak semua orang berhasil meraih target-target capaian penting dalam hidupnya. Salah satu penyebab mendasarnya adalah kurang terolahnya ketrampilan lunak (soft skill) dalam dirinya.

Soft Skills adalah kompetensi perilaku, juga disebut sebagai Interpersonal Skills, atau people skills, yaitu meliputi profisiensi seperti diantaranya adalah ketrampilan berkomunikasi, berurusan dengan konflik dan negosiasi, efektifitas pribadi, team work, mempengaruhi orang lain, selling skill dan lain-lain.

Soft skills merupakan aktualisasi kecerdasan emosi (EQ/Emotional Intelligence Quotient), yang dasarnya adalah kemampuan mengenali diri, perilaku prestasi dan pencapaian target-target kehidupan pribadi. Soft skills diperlukan untuk menunjang hard skills, dimana hardskill lebih berhubungan dengan aktualisasi kecerdasan intelektual (IQ) – yang diperlukan untuk keberhasilan penyelesaian pekerjaan maupun aktifitas lain. Soft skills melekat dalam diri seseorang dan menambah mantap kemampuan berinteraksi, kinerja, dan oleh karenanya penguasaan soft skill lebih menjanjikan prospek karir. Tidak seperti hard skills – yang merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan tugas atau aktifitas tertentu -, soft skill lebih merupakan ketrampilan interpersonal, dan penerapannya adalah meluas dalam berbagai hal. Seiring berkembangnya cara pandang tentang apa yang sebenarnya dimaksud dengan “sumber daya manusia”, dewasa ini semakin disadari kebutuhan peningkatan soft skills karyawan-karyawan Perusahaan di lini manapun.

FSST (Fundamental Soft Skill Training)
Fundamaental Soft Skill Training (FSST) adalah suatu pelatihan dua hari untuk membekali peserta dengan kesiapan mengembangkan berbagai ketrampilan lunak melalui pembenahan kepribadian dirinya, menata mindsetting dalam diri dan memperbaiki pola perilaku diri menjadi lebih efektif dalam mencapai tujuan hidup, baik untuk kepentingan kehidupan dirinya sendiri, kehidupan berkeluarga, kehidupannya di dunia kerja, maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

Untuk karyawan Perusahaan, FSST akan meningkatkan produktivitas yang dilandasi motivasi dan inspirasi bekerja yang melekat secara internal dalam diri pribadi karyawan. Melalui sesi yang mengolah Achievement Motivation, Pengembangan Kebiasaan Perilaku Efektif, Emotional dan Spiritual Intelligence, peserta akan menemukan kembali dasar potensi manusiawi dirinya yang pada dasarnya positif dan produktif.

Training Impact

Peserta akan mengalami penyadaran keterbukaan terhadap hambatan umum kemajuan dalam dirinya, yaitu berupa cara mempersepsi dunia luar maupun persepsi diri, perbaikan pola komunikasi dan setting mental dirinya dan cara merubah paradigma.
Peserta mampu mengenal dirinya lebih baik dan mengidentifikasi kelebihan diri dan hambatan-hambatan mental yang menghalangi perilakunya, dan bagaimana memanfaatkan maupun mengantisipasinya.
Peserta memahami dan mampu menerapkan teknik-teknik mindsetting kedalam bawah sadarnya pola perilaku berprestasi sehingga tersetting menjadi program.
Peserta merumuskan tujuan personalnya kedepan yang bersifat SMART (Spesifik, Measurable, Achievable, Realistic, Time Framed) dan juga bersifat Personal dan Positif.
Peserta akan mendapatkan inspirasi dan termotivasi untuk memperbaiki sosok pribadinya untuk berperilaku sesuai perannya masing2, bagi dirinya sendiri, bagi keluarganya, di masyarakat dan juga di tempat kerja.

Metode Pelatihan:
Game, Role Play, Workshop, Simulasi, Ceramah.

Who Should Attend :
FSST cocok diberikan untuk kelompok sasaran apa saja. Untuk Perusahaan, karyawan pada level manapun, Manajer, Supervisor, Foreman maupun operator pada dasarnya perlu mengikuti pelatihan ini. Untuk efektifitas pelatihan, kesetaraan kedewasaan dan wawasan peserta dalam suatu batch pelatihan akan lebih menunjang efektifitas pelatihan.

Trainer :
Drs. Winarto WD, Psi.
Psikolog, lulusan UGM; Soft Skill Trainer. Berpengalaman sebagai praktisi HR Management di Perusahaan PMA manufaktur, Perusahaan Plantation, Construction, dan Perusahaan Property & Urban Development. Selama 20 tahunan konsisten mengkontribusikan diri pada pengembangan SDM melalui berbagai aspek disiplin psikologi dan manajemen, diantaranya melalui perancangan dan penerapan HR Management System, assesmen psikologi, pelatihan, vocational counselor, dan juga psikoterapi. Terlatih menggunakan pendekatan DiSC.; dan Certified SEFT practitioner.

Selain Fundamental Soft Skill Training, pelatihan lain yang biasa diberikannya adalah: Fundamental Supervisory Training; Out Bound Team Building; Kesehatan Mental dan Psikoterapi, Smart & Effective Parenting maupun pelatihan lain disesuaikan kebutuhan organisasi. Diantara pengguna jasanya adalah: Perusahaan: PT. Shindengen Indonesia, Pizza Hut Indonesia; PT. Higashi Fuji Indonesia; PT. Toyogiri Iron-Steel, Salim Silver – Yogya, PT. NSK, PT. Hanken Indonesia, Panasonic-PEWGMID, PT. Indosentra Pelangi, PT. Teh Sepeda Balap – Tegal, PT. FUMIRA – Semarang, PT. MMID dan Perusahaan2 di kawasan Industri MM2100; Instansi Pemerintah: Pengadilan Negeri Depok, KPP-Pratama Cibitung, Biro SDM BAPPENAS: NGO: Yayasan KEHATI (Keanekaragaman Hayati Indonesia), PUPUK (Perhimpunan Untuk Pengusaha Kecil), Pengrajin Batu Aji – Banjarbaru, Pengrajin Pande Besi – Takalar, Pengrajin Sepatu – Padang, Mizan-Bandung, Guru-guru SMA di Yogyakarta, Guru2 Sekolah Menengah di sekitar kawasan MM2100. Perguruan Tinggi/ Sekolah: Pimpinan sekolah2 pada Yayasan Vidatra PT Badak NGL – Bontang, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, SMA Al Muslim; dan juga pada event-event Public Training.

Outline :
Hari Pertama:

08:30 – 09:00 : Indoor Ice Breaking Games & Training Contract;
09:00 – 10:00 : Mindsetting Aktualisasi Potensi Dasar Diri Menembus Batas;
10:15 – 11:00 : Smart and Effective Communication Skill;
11:00 – 12:00 : Empowering Empathy.
13:00 – 14:00 : Assertiveness
14:00 – 16:00 : Releasing Self Hand Brake (Self Healing)
16:00 – 17:00 : Pengenalan Diri CSPM (Choleris-Sanguinis-Phlegmatis-Melancholis)

Hari Kedua:

08:30 – 10:00 : Achievement Behavior & Achieving Peak Performance
10:15 – 11:00 : Adversity
11:00 – 12:00 : Building Self Sense of Team Cohessiveness
13:00 – 14:00 : Dealing with Difficult Person
14:00 – 15:00 : Selling and Negotiation Skill
15:00 – 17:00 : Time Management and Personal Goal Setting

Date :
17 – 18 December 2013

Venue :
Hotel Menara Peninsula
Jl. Let. Jend. S. Parman 78
Jakarta.

Fee :
Rp. 3.750.000

Untuk pendaftaran atau informasi lebih lengkap, silahkan hubungi
Sdr. Randy atau Sdr. Budi
T. (021) 719 1612 (Hunting)/ 719 9555 (Hunting)
F. (021) 719 9552

Visit us here

Leave a Reply