Waktu Kerja Yang Efektif Bagi Karyawan

Waktu Kerja Yang Efektif Bagi KaryawanSeringkali Anda menemukan karyawan yang kerap kali pulang malam, padahal pekerjaannya sebenarnya tidak terlalu berat. Bagaimana Anda mengatasi hal ini, supaya waktu kerja bisa lebih efektif?

Karyawan yang pulang kerja lebih lama belum tentu mengerjakan pekerjaan lebih banyak. Bisa jadi waktu kerja sebenarnya banyak terbuang untuk hal-hal yang diluar pekerjaan sehingga waktu yang diperlukan unutk menyelesaikan pekerjaan menjadi molor. Hal seperti ini harus diwaspadai oleh seorang HR supaya jangan sampai overtime yang dibayarkan sia-sia, baik itu overtime bagi karyawannya ataupun overtime listrik dan AC gedung.

Faktanya, meskipun karyawan lebih lama berada di kantor belum tentu benar-benar menyelesaikan tugas kantor. Bisa jadi yang dilakukan hanya searching internet, mengutak atik komputer atau main game. Bahkan melakukan hal tersebut pada jam kantor sehingga membuat pekerjaan yang seharusnya dikerjakan tidak diselesaikan. Sedangkan untuk para wanita, waktu banyak terbuang karena gosip dan menelepon teman-teman.

Belum lagi mencari dokumen yang dibutuhkan yang karena kurang rapih menata filenya sehingga ada file yang terselip atau komputer yang rusak dan harus diperbaiki, hal tersebut membuat waktu kerja menjadi tidak efektif dan terbuang percuma. Karena itu bagi seorang HR sangat dibutuhkan perhatian bagi karyawan yang banyak mengklaim lembur atau sekalipun tidak ada klaim lembur tetapi membuat meningkatnya biaya overtime listrik atau penggunaan AC.

Ada hal-hal yang dapat menjadi perhatian HR bagi karyawan tersebut :
1. Perhatikan dan analisa aktivitas karyawan tersebut, apakah yang dilakukannya adalah melakukan kegiatan pekerjaan atau tidak

2. Perhatikan kembali jobdesc karyawan bersangkutan, apakah aktifitasnya sehari-hari sesuai dengan jobdesc nya, jika tidak segera komunikasikan dengan atasan yang bersangkutan

3. Melakukan pendekatan pada karyawan yang bersangkutan untuk membuat rencana kerja, menetapkan tugas-tugas yang proritas.

Memang tidak mudah untuk menjalani disiplin tetapi jika HR mau mengadakan pendekatan maka akan sangat berguna untuk mencapai hasil kerja yang maksimal dan efektif.

Sumber: http://businesslounge.co

 

Leave a Reply