Waspadai Jam Kerja Tanpa Batas

Foto: Gettyimages.com

Foto: Gettyimages.com

Bagi karyawan jam kerja menjadi salah satu hal yang sangat penting. Secara resmi, jam kerja dibatasi 8-9 jam per hari. Namun saat ini dengan perkembangan industri yang sangat pesat, jam kerja menjadi seakan tidak terbatas. Terkadang pada tengah malam dan akhir pekan Anda masih harus mengurusi pekerjaan.

Sebuah penelitian mengungkapkan lebih dari separuh karyawan merasa beban kerja semakin tinggi. Sebanyak 33 persen responden dari penelitian tersebut mengaku langsung memikirkan pekerjaan begitu bangun tidur dan 75 persen menjawab masih memikirkan pekerjaan sampai saat tidur malam.

Pola seperti ini bisa memicu perilaku workaholic atau kecanduan bekerja. Selain itu para karyawan yang tidak bisa membedakan mana waktu bekerja dan waktu beristirahat pada umumnya menjadi kurang bahagia dan kurang sehat.

Tak mau hidup Anda terganggu oleh pekerjaan? Ikuti tips berikut:

1. Bekerja efisien
Jam kerja yang panjang di kantor tak berarti kita akan lebih produktif. Karena itu, jangan jadikan waktu kerja sebagai barometer efektivitas kerja. Bukan hal terlarang untuk melakukan sesuatu secara efisien; jika Anda bisa memberi hasil yang sama dalam 8 jam dibanding 10 jam, belum lagi bisa punya tambahan waktu bersama keluarga, maka lakukanlah.

2. Ambil jeda
Sebuah penelitian menunjukkan, bekerja terus menerus ternyata bisa mengganggu kemampuan kita untuk fokus. Karena itu jangan segan mengambil jeda di sela pekerjaan. Bahkan, mengambil jeda akan membuat kita bekerja lebih baik. Di kantor Anda bisa jeda sebentar setiap 10 menit, sementara di rumah matikan perangkat kerja Anda pada hari Minggu, misalnya.

3. Bergeraklah
Berbagai studi menunjukkan, olahraga teratur akan mengurangi stres. Para ahli berpendapat, olahraga adalah cara terbaik untuk secara psikologis melepaskan diri dari pekerjaan.

Sumber: Kompas.com

Leave a Reply