Waspadai Menurunnya Mental dan Daya Juang dalam Bekerja

18176617_lKetika sedang bekerja, mungkin Anda pernah mengalami perasaan mental bekerja yang tidak stabil dan turunnya daya juang dalam mengerjakan pekerjaan. Hal-hal tersebut memang wajar terjadi di dunia kerja, bahkan bisa melanda semua karyawan di perusahaan, mulai dari bawahan sampai dengan atasannya sekalipun.

Menurut psikolog Universitas Atma Jaya, Ester M. Kembaren, semangat seseorang dalam bekerja dapat berpengaruh terhadap hasil pekerjaannya. Jadi kalau Anda sedang tidak bersemangat dalam bekerja maka hasilnya pun tidak akan maksimal juga.

Namun untuk menumbuhkan mental dan daya juang dalam bekerja bukanlah perkara mudah, karena berhubungan langsung dengan emosional Anda sendiri. Sisi emosional ini yang harus dijaga ketika sedang mengerjakan suatu pekerjaan di kantor, agar pekerjaan itu dapat selesai tepat waktu, dan hasilnya juga sempurna.

Bagi yang memiliki anak buah di kantor, menurunnya mental dan daya juang Anda sangat berpengaruh terhadap kinerja anak buah karena kalau semangat Anda menurun, maka secara tidak langsung kinerja dari bawahan akan mengalami penurunan juga. “Menurunnya mental dan daya juang seseorang di kantor akan membuat orang tersebut tidak ingin melakukan berbagai hal, sehingga Anda sendiri tidak mengerti akan apa yang ingin dikerjakan. Tentu pekerjaan apapun akan menjadi berantakan,” ujar perempuan yang biasa disapa Ester ini.

Ester menuturkan penyebab menurunnya mental dan daya juang seseorang di kantor, antara lain:

Pertama, pekerjaan itu sudah dirasa tidak menarik dan tidak mempunyai tantangan lagi. Hal inilah yang sering dirasakan di suatu perusahaan, dimana para karyawannya menganggap pekerjaan hanya sebagai rutinitas belaka saja, sehingga secara perlahan akan menurunkan mental bekerja dan daya juangnya. “Tidak ada tantangan dalam pekerjaan membuat si karyawan tidak ingin berbuat lebih lagi dari target yang ditetapkan,” sambung Ester.

Kedua, pekerjaan itu tidak lagi memberikan kepuasan lagi bagi karyawan. Faktor ini memang berkaitan dengan penyebab yang pertama, karena kalau memang pekerjaan itu sudah tidak ada tantangannya, maka Anda pun tidak menikmati pekerjaan yang dikerjakan. Hilangnya motivasi dalam bekerja, menurut Ester akan membuat mental bekerja karyawan menjadi berantakan, dan tentu saja menurunkan daya juangnya.

Ketiga, beban pekerjaan yang terlalu banyak. Sulitnya untuk mengelola emosi dan waktu dengan baik akan membuat Anda cenderung frustasi untuk menyelesaikan pekerjaan, apalagi ditambah menumpuknya tugas-tugas yang belum dikerjakan. Hal ini seringkali sangat mengganggu dan membuat Anda menjadi pasif dalam bekerja di kantor.

Nah, setelah menemukan dan mengetahui hal-hal apa saja yang membuat mental dan daya juang menurun dalam bekerja, selanjutnya Anda bisa menanggulangi hal tersebut dengan beberapa tips yang disampaikan oleh perempuan yang juga merupakan dosen di Universitas Atma Jaya ini.

Tetapkan Target Pekerjaan Melebihi Target Perusahaan

Langkah ini, menurut Ester bisa dicoba bagi Anda yang bekerja memakai sistem target atau bekerja di bawah deadline yang sangat ketat. Kalau Anda terbiasa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target yang ada dan lama-lama menjadi jenuh karena sudah sering mencapai target, maka cobalah untuk bekerja mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan. Hal ini pun akan mendorong bawahan untuk bekerja seperti Anda dan tentunya akan membuat suasana bekerja menjadi lebih produktif lagi. “Sebagai tambahan, target yang ditetapkan jangan terlalu tinggi juga karena kalau Anda tidak bisa mencapainya, justru akan membuat semangat bekerja menjadi menurun,” tutur Ester.

Selalu Menanamkan Semangat Belajar di Dalam Diri

Setiap manusia memang selalu diharapkan untuk terus belajar, termasuk ketika bekerja. Dengan belajar, maka akan semakin tahu terhadap apa yang Anda kerjakan. Seringkali menurunnya semangat dalam bekerja disebabkan karena si karyawan bingung harus mengerjakan apa dalam tugasnya. Oleh karena itu, semangat untuk selalu ingin belajar harus selalu ditanamkan dalam diri Anda.

Apresiasi Terhadap Hasil Pekerjaan

Ester melihat bahwa pekerja kantoran terkadang patah semangat ketika tidak mendapatkan apresiasi dari pihak luar, seperti dari bawahannya atau atasannya. Tetapi, apresiasi terhadap hasil pekerjaan Anda tidak harus melulu datangnya dari pihak luar. Anda bisa mengapresiasikan diri sendiri ketika menyelesaikan suatu pekerjaan, dengan mengatakan kalau ternyata bisa menyelesaikan pekerjaan yang dibebankan kepada Anda. “Mencoba mengapresiasikan penyelesaian pekerjaan oleh diri sendiri akan membuat mental dan daya juang Anda bertambah secara tidak langsung,” kata Ester.

Membuat Skala Prioritas

Beban pekerjaan yang menumpuk seringkali menjadi kendala utama menurunnya mental dan daya juang bekerja. Untuk selalu menjaganya, Ester mengharapkan Anda membuat daftar prioritas pekerjaan yang harus diselesaikan. Dengan adanya prioritas, maka pekerjaan pun dapat diselesaikan dengan penuh semangat.

Menjaga Kebugaran Tubuh

Sebuah pekerjaan yang dikerjakan terkadang menguras pikiran dan fisik, sehingga semangat Anda dalam bekerja menjadi terganggu. Jika semangat Anda mulai menurun disebabkan karena fisik dan pikiran mulai lelah, maka Anda bisa beristirahat sejenak untuk sekedar menghilangkan penat agar energi dan semangat yang menurun dapat pulih kembali.(tcm)

Sumber: http://topcareermagazine.com/

Leave a Reply