Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memecat Karyawan

Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memecat KaryawanPemutusan hubungan kerja dengan karyawan merupakan salah satu dilema besar bagi perusahaan. Siapapun karyawannya, tentu merasa tidak nyaman bahkan mungkin sakit hati ketika di PHK, kecuali ia mengundurkan diri dengan sukarela. Pun dengan perusahaan, ia merasa karyawan sudah tak sesuai dengan harapan, namun di sisi lain ia juga harus memikirkan dampak dari pemecatan karyawan tersebut.

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memecat karyawan, yaitu:

1. Performance-nya selama ini

Bagaimana kondisi karyawan selama ini, mulai dari prestasi, kinerja, hingga hal- hal yang tidak ada hubungannya dengan itu (komunikasi misalnya). Bila performance karyawan secara keseluruhan bagus, mungkin perusahaan harus mempertimbangkan sekali lagi sebelum memecat.

2. Sebab utama pemecatan

Apa sebab utama karyawan tersebut dipecat. Ada dua jenis kesalahan dalam hal ini, yaitu kesalahan yang bisa dimaafkan dan yang tidak bisa. Kesalahan yang dimaafkan misalnya datang telambat, kinerja kurang bagus namun masih bisa diperbaiki, komunikasi kurang lancar namun masih bisa diberi tahu, dan yang sejenis. Sedangkan kesalahan yang tak bisa dimaafkan adalah ketidakjujuran apalagi bila sampai korupsi.

3. Adakah penggantinya

Ada posisi yang banyak penggantinya, misalnya bagian akunting. Namun, ada juga posisi dalam perusahaan yang sedikit supplynya, misalnya karyawan yang mengerti nuklir untuk perusahaan pembangkit listrik. Ketiadaan pengganti atau bilapun ada untuk mencarinya memerlukan waktu lama, juga menjadi pertimbangan penting sebelum memecat karyawan.

Selain ketiga hal yang harus dipertimbangkan sebelum memecat karyawan seperti yang sudah dituliskan di atas, ada juga beberapa yang yang tidak terlalu diekspos, namun biasanya memengaruhi. Kedekatan karyawan secara emosional dengan perusahaan, bila karyawan tersebut adalah anak petinggi perusahaan itu, dan faktor- faktor yang sejenis adalah contohnya.

Bagaimanapun juga, memecat karyawan tak semudah membalikkan telapak tangan. Ada sisi- sisi humanis yang kadang- kadang menjadi penentu keputusan. Sebenarnya ingin memecat, namun ketika tahu bahwa karyawan yang bersangkutan memiliki banyak tanggungan, perusahaan jadi iba. Ya, seperti itu misalnya. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memecat karyawan yang sudah seharusnya dilalui perusahaan dalam mempertimbangkan dan sebelum mengambil keputusan.

Sumber: http://www.bundainbiz.com

Leave a Reply